Agar Set Top Box Aman dan Anti 'Njebluk'

user
Ary B Prass 05 Desember 2022, 12:07 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Minggu (4/12/2022) tersiar kabar bahwa ada Set Top Box yang meledak, kejadian tersebut ditayangkan dalam kanal YouTube UZ Channel. Video tersebut viral dan setelah ditelusuri kejadian tersebut ada di daerah Cikande Serang Banten.

Kontan saja banyak warga masyarakat khawatir, khususnya penonton siaran TV Digital. Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menganjurkan menggunakan Set Top Box untuk menikmati siaran tv digital.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi, Ismail mengatakan ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab Set Top Box meledak.

“Harus dicari lah penyebab kebakaran kan macam-macam ya. Ada korsleting, ada arus pendek,” ujarnya dalam Rakernas Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Aptejl) di Jakarta.

Untuk menghindari Set Top Box meledak, ada baiknya ikuti arahan pemerintah dalam membeli Set Top Box aman dan harga terjangkau.

Syarat utama untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dianjurkan memilih Set Top Box TV Digital yang telah lulus uji sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Set top box harus memenuhi standar dari Kominfo,” kata Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mulyadi dalam keterangan persnya seperti dilansir dari Antara.

Harga Set Top Box TV Digital bersertifikat Kominfo sangat bervariasi. Satu Set Top Box dibandrol dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000 an. Untuk diketahui, Set Top Box TV Digital yang bersertifikat Kominfo dipastikan dapat menangkap sinyal siaran TV digital.

Kelebihan lain, Set Top Box TV Digital dilengkapi fitur Early Wearning Sistem (EWS). Fitur ini berguna untuk menampilkan peringatan bencana di layar televisi. (*)

Kredit

Bagikan