Kampanye 1 Hari, Cakades Paparkan Visi Misi Maju Pilkades Serentak

user
Agusigit 05 Desember 2022, 17:15 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Calon Kepala Desa (Cakades) mendapat kesempatan satu hari untuk melaksanakan kampanye, Senin (5/12). Kegiatan dilaksanakan dengan pembagian jam diatur oleh panitia pemilihan tingkat desa. Dalam kesempatan tersebut masing-masing Cakades memaparkan visi dan misi untuk maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 13 Desa pada 8 Desember 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho, mengatakan, tahapan Pilkades serentak 13 desa terus berjalan dan sudah memasuki kampanye. Kegiatan digelar hanya dalam satu hari saja. Kampanye digelar oleh Cakades dengan mengundang warga atau calon pemilih. Masing-masing Cakades kemudian memaparkan visi dan misi yang dijadikan program unggulan maju dalam Pilkades.

Panitia Pilkades tingkat desa pada pelaksanaan kampanye telah melakukan pengaturan jam untuk masing-masing Cakades. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi bentrokan waktu kegiatan. Selain itu juga mengantisipasi kerumunan massa dan kericuhan antar pendukung Cakades.

Kampanye Pilkades digelar dengan undangan terbatas dan dilaksanakan di rumah masing-masing calon. Kegiatan juga mematuhi penerapan protokol kesehatan (Prokes) mengingat pandemi virus Corona belum berakhir.

"Cakades dapat kesempatan kampanye satu hari untuk memaparkan visi dan misi maju Pilkades," ujarnya.

Tahapan setelah ini akan dilaksanakan masa tenang selama dua hari dimulai Selasa dan Rabu (6-7/12). Selama masa tenang Cakades dilarang melaksanakan kegiatan bersifat kerumunan massa. Selain itu alat peraga kampanye dari masing-masing Cakades yang terpasang disejumlah tempat wajib dilepas atau dicopot.

Pencopotan alat peraga kampanye dilakukan oleh masing-masing Cakades. Panitia Pilkades tingkat desa tetap akan melakukan pemantauan terkait penerapan jadwal masa tenang.

"Pencoblosan atau pelaksanaan Pilkades serentak 13 Desa digelar 8 Desember 2022. Tinggal tiga hari lagi," lanjutnya.

DPMD Sukoharjo sampai sekarang masih terus melaksanakan pemantauan persiapan pelaksanaan Pilkades serentak 13 desa. Kondisi di masing-masing desa tetap kondusif dan tahapan berjalan sesuai dengan perencanaan awal.

"Kami dampingi dan pantau terus setiap tahapan Pilkades di desa. Belum ada kendala dan sudah berjalan sesuai jadwal," lanjutnya.

Cakades Gumpang Kecamatan Kartasura Dwi Nuryanto mengatakan, memanfaatkan kesempatan jadwal kampanye yang diberikan oleh panitia. Kegiatan diisi dengan pemaparan visi dan misi maju Pilkades Desa Gumpang Kecamatan Kartasura.

Camat Kartasura Joko Miranto mengatakan, Muspika Kartasura melakukan pemantauan tahapan pelaksanaan kampanye Pilkades serentak 13 desa. Kegiatan dilakukan dengan berkeliling mendatangi tempat kampanye di rumah masing-masing Cakades.

"Kami pantau tahapan kampanye dan semua sudah berjalan lancar. Masing-masing Cakades sudah memaparkan visi dan misi maju Pilkades dihadapan masyarakat," ujarnya.

Joko Miranto mengatakan, dengan diberikannya kesempatan tahapan kampanye maka membuat Cakades bisa berkesempatan bertemu langsung masyarakat calon pemilih. Disisi lain masyarakat calon pemilih juga bisa mengetahui visi dan misi Cakades.

Di wilayah Kecamatan Kartasura Pilkades akan digelar di tiga desa yakni Desa Gumpang, Desa Ngemplak dan Desa Pabelan. "Masing-masing Cakades kami minta tetap mematuhi setiap tahapan dan wajib menjaga kondusifitas wilayahnya," lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan