Polres Boyolali Siapkan 400 Personil Amankan Pilkades Serentak

user
Agusigit 05 Desember 2022, 18:31 WIB
untitled

Krjogja.com - BOYOLALI - Dalam rangka mematangkan kesiapan personil dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2022 di 15 desa di 11 Kecamatan yang digelar pada, Rabu (7/12/2022) besok. Kepolisian Resor (Polres) Boyolali menggelar apel kesiapan pengaman Pilkades tahun 2022 yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Boyolali, Senin (5/12/2022). Sebanyak 400 personil polisi disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan pilkades tersebut.

Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin mengatakan apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan pilkades serentak tahun 2022 di Boyolali, H-1 pelaksanaan pemungutan suara pilkades anggota pengamanan sudah berada di setiap desa yang melaksanakan pilkades.

“Kami akan melaksanakan pengamanan mulai dari tanggal 6 dan 7 Desember 2022. Jadi besok pasukan sudah kita masuk insert ke masing masing lokasi pengamanan. Kemudian hari H melaksanakan pengamanan pelaksanaan pemilihan suara Pilkades dan kita akan pertahankan sampai H+1 untuk memastikan situasi Kamtibmas di semua wilayah kondusif,” ujar Kapolres.

Dikatakan lebih lanjut, dengan mengerahkan 400 personil Polres Boyolali ditambah kekuatan dari Linmas dan TNI sebanyak 215 personil, diharapkan mampu menjaga keamanan dan kondusifitas desa desa yang melakukan e-voting.

“Kita sudah bagi untuk wilayah wilayah yang melaksanakan Pilkades sesuai tingkat kerawanannya. Jadi ada Rawan I, Rawan II, dan Rawan III. Rawan I ini adalah yang eskalasi tinggi, Rawan II yang sedang, Rawan III rendah,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dispermasdes Kabupaten Boyolali, Hafid Istantio mengungkapkan ada 14 desa di 11 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades dengan menggunakan sistem e-voting pada Rabu (07/12/2022). Serta, ada satu desa yakni Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego yang juga akan menggunakan sistem e-voting pada Selasa (27/12/2022) esok.

“Jadi pelaksanaan e-voting Pilkades serentak Gelombang II Tahun 2022 ini dilaksanakan di 15 desa 11 kecamatan. Tetapi pelaksanaan tanggal 7 Desember 2022 secara serentak 14 desa di 11 kecamatan, kemudian tanggal 27 Desember 2022 itu satu desa di satu kecamatan,” kata Hafid.

Dijelaskan, karena ketika pendaftaran calon kepala desa di Desa Sendangrejo pendaftar kurang dari dua orang, sehingga masa pendaftaran diperpanjang 20 hari." Untuk desa Sendang diperpanjang sampai 20 hari," jelasnya.

Disinggung mengenai persiapan alat, Hafid mengungkapkan semua alat sudah ditempatkan di kecamatan yang kemudian akan didistribusikan ke masing masing desa.

"Untuk alat persiapan alat e-voting kita sudah tempatkan di kecamatan, nanti rencana H-2 akan didistribusikan ke masing masing desa. Sampai dengan saat ini, nanti kita akan melakukan monitoring di H-1, kemudian hari H kita akan monitoring terus perkembangannya seperti apa,” kata dia.

Diketahui Sebanyak 15 desa yang akan menggelar Pilkades yakni Desa Tarubatang di Kecamatan Selo, Desa Ngangrong di Kecamatan Gladagsari, Desa Kembangkuning dan Gubug di Kecamatan Cepogo, Desa Manggis dan Jurug di Kecamatan Mojosongo. Ada pula Desa Kopen dan Salakan di Kecamatan Teras, Desa Dukuh di Kecamatan Banyudono.

Selain itu, ada Desa Tegalrejo di Kecamatan Sawit, Desa Karanggatak dan Sendangrejo di Kecamatan Klego, Desa Temon di Kecamatan Simo, Desa Manyaran di Kecamatan Karanggede dan Desa Kedungrejo di Kecamatan Kemusu.(R-3)

Kredit

Bagikan