Meriah, Turnamen Basket 3x3 Dispora Cup di Sragen

user
Tomi Sujatmiko 06 Desember 2022, 19:45 WIB
untitled

Krjogja.com - SRAGEN - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen menggelar turnamen basket 3x3 Dispora Cup 2022. Turnamen digelar dalam rangka menjaring bibit atlet basket sekaligus memasyarakatkan olahraga bola basket.

Pada turnamen ini, tim bola basket SMPN 2 (Spenda) Sragen berjaya dengan menyabet dua gelar juara, kelompok putra dan putri. Di kelompok putra, Spenda B tampil sebagai kampiun usai menumbangkan tim Foursra C SMPN 4 Sragen di babak final.

Sementara di putri, anak-anak SMP 2 Sragen A melengkapi gelar juara tim putra usai menundukkan tim SMPN 3 atau Spega di laga pamungkas. Sementara di kelompok SD Mix, Tim Four Legend tampil sebagai jawara dengan mengandaskan perlawanan Tim Astro Boy. Di kategori anak-anak SD campuran putra putri ini, peringkat ketiga dan keempat diraih Tim Lion King dan SBI Kroyo.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Sragen, Teguh Yulianto, Selasa (6/12/2022) mengatakan, turnamen Basket 3×3 digelar selama sehari di GOR Diponegoro Sragen. Turnamen yang didukung anggota DPRD Provinsi Jateng, Untung Wibowo Sukowati atau Mas Bowo ini diikuti 30 tim dari berbagai sekolah di Sragen.

Rinciannya 6 tim SD, 6 tim SD mix, serta masing-masing 10 tim kategori SMP putra dan putri. Meski baru kali pertama digelar, turnamen berlangsung penuh antusias. "Jumlah pemain hanya 3 orang dengan 1 cadangan. Antusias peserta dan orangtua juga sangat tinggi. Bahkan orangtua sangat senang dan mendukung adanya kompetisi seperti ini,” ujar Teguh.

Turnamen basket ini menyediakan hadiah total Rp 4,5 juta dan dibuka langsung oleh Mas Bowo dan Kadispora Sragen, Yuniarti. "Selama ini olahraga basket di Sragen belum maju, masih kalah dengan kota-kota besar. Padahal sarana lapangan di sekolah tersedia, makanya dengan turnamen seperti ini diharapkan memotivasi anak yang hobi dan latihan sehingga terpacu untuk menampilkan kemampuannya," jelas Teguh.

Melihat tingginya animo peserta dan orangtua, pihaknya berencana menjadikan turnamen itu sebagai agenda rutin tahunan. Dengan makin banyak turnamen, diyakini akan mengasah kemampuan dan mental anak untuk berkompetisi. "Basket itu sebenarnya olahraga yang sederhana. Dan turnamen 3×3 ini sangat simpel tapi hasilnya mengena. Anak-anak jadi termotivasi karena turnamen ini jadi tolok ukur kemampuan mereka," tambahnya.

Turnamen makin istimewa dengan laga eksebishi yang mempertandingkan Mas Bowo and Friends dengan tim Dispora. Dalam laga bertajuk charity match, legislator Provinsi Jateng itu di luar dugaan tampil memukau dan beberapa kali menyumbang poin untuk mengantar kemenangan 6 melawan 5. (Sam)

Kredit

Bagikan