'Chetik Geni', Rumah Erina Gudono Disulap jadi Dapur Jawa

user
Ivan Aditya 07 Desember 2022, 21:40 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Mendekati hari H pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada 10 Desember mendatang, persiapan terus dilakukan baik di kediaman Erina, Dusun Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi Mlati Sleman maupun di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, tempat dilangsungkannya prosesi akad nikah.

Dari pantauan KRJOGJA.com, Rabu (07/12/2022) tampak kesibukan tim dekorasi yang membuat dapur (kuna khas Jawa) buatan di depan rumah Erina untuk tradisi 'Chetik Geni' yang akan dilakukan sebelum upacara siraman. "(Cethik geni) Untuk menandakan bahwa pemangku hajat mau kagungan hajat mantu. Lebih filosofi dapur ya, jadi masak pisanan adang pisanan," kata Anjas dari Larasati Dekorasi.

Dalam tradisi chetik geni ini dibuat properti dapur kuna khas Jawa yang berada di depan rumah Erina (tepatnya di bagian garasi). Dapur kuna tersebut terbuat dari gedek (anyaman bambu), anyaman jerami dan peralatan masak zaman dulu seperti gerabah, kayu maupun kuningan. Dalam tradisi ini biasanya pemangku hajat membuat api pertama kali. "Iya (Bu Gudono yang akan masak), (masak) beras atau nasi," kata Anjas.

Persiapan juga dilakukan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Menurut General Manager Royal Ambarrukmo, Herman Courbois, persiapan kurang lebih sudah 85 persen. Terkait menu, pihak hotel sudah mengajukan menu raja-raja Mataram untuk hidangan saat acara, dan tinggal menunggu persetujuan. "Dengan tempat yang sudah bagus ini saya harap menunya makanan tradisional yang dari HB II sampai HB VII yang dimunculkan," katanya.

Sebelumnya, saat mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kaesang Pangarep menuturkan, bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad. "Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres," kata Kaesang.

Selain Wapres Ma'ruf Amin, menurut Kaesang, dua menteri juga bakal dilibatkan sebagai saksi pernikahannya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disebut Kaesang, bakal bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya. Sedangkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi saksi dari pihak Erina Gudono.

Sebelum pelaksanaan akad, sejumlah prosesi mengawali pernikahan Kaesang dengan Erina yang digelar di kediaman Erina. Pada, Kamis 8 Desember digelar semaan quran dan pengajian. Hari berikutnya, Jumat 9 Desember pagi diadakan upacara pasang bleketepe tuwuhan dan upacara siraman calon pengantin putri. Malam harinya diadakan upacara malam midodareni.

Kemudian upacara akad nikah dilaksanakan, Sabtu 10 Desember pukul 13.00 WIB di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo dilanjutkan upacara Panggih Penganten.

Setelah seluruh rangkaian acara akad nikah selesai digelar oleh pihak perempuan di Yogyakarta. Hari berikutnya gantian rangkaian acara Ngunduh Mantu di pihak laki-laki di Solo. Pada, Minggu 11 Desember digelar acara Ngunduh Mantu di Loji Gandrung, Kota Solo Jawa Tengah. Setelah itu diadakan acara Syukuran di Pura Mangkunegaran Solo yang sebelumnya dilakukan kirab dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran. (Sal/Dev)

Kredit

Bagikan