BPIP Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022

user
Tomi Sujatmiko 08 Desember 2022, 11:23 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022 yang dipusatkan di Yogyakarta, Sabtu-Minggu (3-4/12/2022).

"Kegiatan Ikon Prestasi Pancasila tahun 2022 rangkaian puncak acaranya diselenggarakan di DIY yang dipandang menjadi simbol kota pemersatu bangsa. Terdapat perpaduan harmonik lintas kultural yang menjadi cerminan kebhinnekaan. Kemeriahan acara puncak didukung Kirab Pancasila yang melibatkan arak-arakan bagi 45 peraih Ikon Prestasi Pancasila tahun 2022 dan segenap unsur masyarakat dalam balutan festival seni budaya," tutur Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Dijelaskan Prof Yudian, penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia. Peraih Ikon Prestasi Pancasila juga diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi BPIP dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dimulai sejak 2017 dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Caranya memilih sejumlah 72 Ikon Prestasi Pancasila yang bertepatan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

"Sehubungan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi BPIP, penyelenggaraan kegiatan baru kembali dilakukan pada 2019 dengan memilih 74 Ikon. Kemudian berturut-turut mengiringi momentum perayaan Hari Kemerdekaan dengan memilih 75 Ikon pada 2020 dan tahun 2021 memilih 76 Ikon Prestasi Pancasila," lanjutnya.

Tahun 2022 ini penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila memilih 45 Ikon baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilah dalam lima kategori, yakni Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman, yang dapat mencerminkan semangat perjuangan bagi seluruh elemen bangsa. (Feb)

Kredit

Bagikan