Kalurahan Sendangsari Peringkat Satu Nasional KIP Wilayah Barat

user
Agusigit 08 Desember 2022, 21:15 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo Agung Kurniawan SIP menjelaskan, Komisi Informasi Pusat (KIP) memilih 10 desa transparan atau keterbukaan informasi publik tingkat nasional 2022. Dari sepuluh desa tersebut dipilih peringat 1 terbaik masing-masing wilayah, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo peringkat 1 Indonesia wilayah barat. Sedangkan Indonesia tengah Desa Dua Timur Karangasem Bali dan wilayah timur Desa Maltara Tengah Tidore Maluku Utama.

"Penghargaan diserahkan Sekjen Kementerian Pemdes dan PDT, Taufik Madjid dan diterima Lurah Sendangsari, Suhardi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta," kata Agung Kurniawan dalam reales, Kamis (8/12).

Taufik Madjid dalam sambutannya mengatakan, keterbukaan informasi desa jangan dianggap beban, apalagi sesuatu yang dikhawatirkan. Sedangkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong mendorong desa mengembangkan potensinya dengan teknologi informasi.

Ketua KIP Donny Yoesgiantoro mengungkapkan, pada 2022 evaluasi dan apresiasi desa diikuti 89 desa dari 29 propinsi. Setelah dilakukan verifikasi dan penilaian berdasarkan kuisioner, selanjutnya dilakukan penilaian komprehensif melibatkan akademisi dan kementerian terkait.

"Tujuan penilaian KIP, mendorong terpenuhinya akses kebutuhan informasi masyarakat, tersedianya informasi desa sesuai Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa, menghindari desa dari budaya tertutup dan mewujudkan good governance di desa," jelasnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Drs Tri Saktiyana menyambut baik dan bangga penghargaan yang diraih Kalurahan Sendangsari yang sudah informatif dan komunikatif dalam pelayanan publik. "Hal itu juga didukung layanan berbasis teknologi informasi, sehingga tranparan dan akuntabel," ujarnya didampingi Sekda Triyono. (Rul)

Kredit

Bagikan