Pasca Kejadian Bom Bandung, Pengamanan Borobudur Ditingkatkan

user
Agusigit 09 Desember 2022, 08:15 WIB
untitled

MAGELANG - Upaya pengamanan di area wisata Taman Candi Borobudur (TWCB) Magelang lebih ditingkatkan. Ini seperti yang terlihat pada Kamis (8/12/2022). Tim gabungan dari TWCB, Polsek Borobudur, Sat Obvit Polresta Magelang, Koramil Borobudur maupun lainnya melakukan pemantauan di beberapa lokasi. Pemeriksaan barang bawaan pengunjung juga dilakukan saat akan memasuki pintu utama (main gate) TWCB, diantaranya dengan menggunakan peralatan Krisbow Metal Detector maupun lainnya.
 
GM Borobudur Jamaludin Mawardi kepada wartawan diantaranya mengatakan pengamanan kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, mengingat hal itu menjadi salah satu objek vital nasional, menjadi prioritas. Apalagi dengan adanya kejadian Rabu (7/12/2022) lalu, yaitu adanya bom bunuh diri di wilayah Bandung. Ini untuk meningkatkan kewaspadaan semua pihak yang ada di Borobudur. Pihaknya tidak sendiri dalam melaksanakan hal ini, ada unsur TNI dan Polri. 
Polresta Magelang juga memiliki satuan objek vital nasional, juga ambil bagian dalam pengamanan Candi Borobudur sebagai destinasi objek vital nasional.
 
Untuk SOP Standar, lanjut Jamaluddin Mawardi, dilakukan tidak hanya ketika ada kejadian gangguan keamanan seperti bom, tetapi itu menjadi SOP yang wajib dijalankan untuk memastikan bahwa pengunjung yang masuk tidak membawa barang-barang yang memang dilarang, baik berupa makanan, senjata tajam maupun lainnya.
 
Sementara itu Kapolsek Borobudur AKP Marsodik mengatakan pola pengamanan di Candi Borobudur sudah dilaksanakan dengan baik. Hanya saja, Polri bersama TNI harus meningkatkan kegiatan patroli dan mengingatkan petugas keamanan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan soal ancaman bom.
 
Selain itu, juga harus meningkatkan kepedulian bagi pengunjung yang akan masuk ke komplek  candi, khususnya di pintu kantor karena dimungkinkan ada masyarakat yang belum dikenal. “Jadi, untuk pengamanan dari Polri dan TNI sudah membantu setiap hari. Kami berkolaborasi melakukan patroli di tempat-tempat yang sering dikunjungi,” jelasnya.
 
Untuk meningkatkan pengamanan ini, lanjutnya, tidak ada tambahan personel. Dari Polsek Borobudur menerjunkan 33 personel, 22 anggota Koramil Borobudur, dan 18 anggota Obvit Polresta Magelang. Marsodik menambahkan, patroli juga dilaksanakan di beberapa hotel dan penginapan lain setiap ada kegiatan. Termasuk memeriksa tamu yang datang. (Tha)

 
 

Kredit

Bagikan