Jokowi Cek Panggung Pelaminan di Pura Mangkunegaran

user
Danar W 09 Desember 2022, 05:54 WIB
untitled

Krjogja.com - SOLO - Presiden Jokowi mendatangi Pura Mangkunegaran, Solo pada Kamis (8/12/2022) malam. Kedatangannya malam-malam ke istana kadipaten itu untuk meninjau tempat tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 21.20 WIB. Kehadiran mantan Wali Kota Solo itu didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kedatangan orang nomor satu di republik ini disambut oleh penguasa Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

Setelah itu, Presiden langsung berjalan ke Pura Mangkunegaran untuk melihat lebih dekat progres persiapan panggung pelaminan pernikahan Kaesang dan Erina. Selain panggung pelaminan, di Pendopo Ageng itu juga terlihat barisan meja dan kursi yang diperuntukan untuk tamu VVIP. Sejumlah pekerja masih sibuk menyelesaikan proses pengerjaan panggung pelaminan dan dekorasi.

Sebelum Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran, penanggung jawab dan koordinator pelaksanaan pernikahan Kaesang dan Erina di Yogyakarta, Wishnutama juga turut hadir. Presiden Jokowi dan rombongan meninjau venue tasyakuran pernikahan putra bungsunya itu hanya sebentar. Setelah hampir 30 menit mengecek persiapan itu, Jokowi pamit meninggalkan Pura Mangkunegaran.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir dan juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka juga tampak mendatangi Pura Mangkunegaran.

Kedatangan mereka tak lain dan tak bukan untuk mengecek persiapan venue tasyakuran per pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina. Selain mengecek panggung pelaminan, dua tokoh itu juga meninjau akses masuk para tamu undangan.

Pura Mangkunegaran akan menjadi tempat penyelenggaraan tasyakuran pernikahan bos Persis Solo dengan finalis Putri Indonesia asal Yogyakarta yang bakal dihadiri ribuan tamu undangan.Kedua calon mempelai akan dikirab dengan kereta kencana dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Prosesi adat ngunduh mantu digelar di Loji Gandrung.

Keluarga Joko Widodo (Jokowi) menggelar pengajian menjelang pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono. Pengajian dilaksanakan di kediaman pribadi Presiden Jokowi, Banjarsari, Solo.

Pengajian dimulai sekitar pikul 15.45 WIB. Selain calon mempelai pria, Kaesang Pangarep, seluruh anggota keluarga Presiden Jokowi tampak hadir, yakni Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Kahiyan Ayu dan Bobby Nasution.

Bahkan, semua cucu Presiden Jokowi ikut hadir dalam pengajian, mulai dari Jan Ethes Sri Narendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution dan Panembahan Al Saud Nasution.

Saat acara pengajian tersebut dimulai, Presiden Jokowi tidak tampak hadir. Mantan Wali Kota Solo itu masih dalam perjalanan dari Jakarta usai meninjau daerah terdampak gempa di Cianjur.

Pengajian tersebut juga dihadiri adik kandung Presiden Jokowi, Idayati bersama dengan suaminya, Ketua Mahkamah Konstituti (MK) Anwar Usman. Pasangan ini baru menikah pada Mei 2022 lalu. Kehadiran Ketua MK itu tampak dari keberadaan mobil Alphard dengan plat nomor RI 9.(*)

Kredit

Bagikan