48 Klub Siap Ramaikan Basketball Karanganyar Cup 2022

user
Agusigit 21 Desember 2022, 06:15 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - Para pebasket kelompok usia 12, 14, SMA dan umum berkompetisi di ajang kejuaraan bola basket Karanganyar Cup 2022 di lapangan Punakawan Karanganyar, 12-20 Desember 2022. Event olahraga tahunan ini diikuti berbagai klub dan akademi basketball Soloraya.

Ketua Panitia Kejuaraan Bola Basket Karanganyar Cup 2022, Ongki Setiawan mengatakan 8 klub mengikuti kompetisi kategori kelompok usia. Lalu 18 klub meramaikan kategori SMA putra dan 13 klub kategori SMA putri. Sedangkan untuk perkumpulan, diikuti 9 klub.

"Ini event tahunan sejak 2007. Sempat jeda karena pandemi Covid-19. Sekarang lanjut lagi," katanya kepada wartawan di sela final kategori KU 12 dan 14 putra putri Karanganyar Cup 2022 di lapangan basket Punakawan, Minggu (19/12).
Di babak final, sejumlah klub dan akademi basketball Soloraya meraih champions, runner up dan juara 3. Diantaranya Merdeka Basketball, Bison Sragen, Al-Abidin Solo, T-Rex Karanganyar, Humble Solo, Seba Solo dan Leggoskuy Solo.
Ongki mengatakan, kejuaraan bertanding seru. Ia mengapresiasi semua pihak yang mau menjaga keamanan dan sportivitas pertandingan.

"Sangat seru. Penonton histeris. Pemain juga sportif. Harapannya, banyak atlet berbakat lahir dari sini dan sukses di tingkat nasional maupun ajang internasional," katanya.

Sementara itu Head Coach Merdeka Basketball, Utoro mengaku kejuaraan Karanganyar Cup 2022 merupakan langkah penting menyiapkan anak asuhnya untuk naik kelas. Di pertandingan Minggu kemarin, ia menerjunkan 12 pemainnya untuk kategori KU 14.

"Semua saya suruh tanding agar merasakan kondisi lapangan di pertandingan sesungguhnya. Meski, sebenarnya kami sudah meraih juara nasional Sehati di Semarang kemarin," katanya.

Di final Karanganyar Cup 2022, Merdeka meraih runner up setelah melawan Humble Solo. Utoro mengatakan, materi pemain putri KU 14 sebenarnya kurang imbang saat melawan Humble. Sebab, usia riil para pemainnya belum genap 14 tahun.

"Fisik lawan 14 tahun melawan kami yang usia kebanyakan masih SD. Namun daya juang anak Merdeka jangan diremehkan. Semuanya semangat," katanya.

Dalam enam bulan mendatang, Merdeka Basketball dijadwal tanding di event nasional di Solo, Semarang dan Yogyakarta.
"Kita punya program 6 bulan ke depan. Perbanyak jam terbang. Dan selalu rotasi pemain tiap pertandingan," katanya. (Lim)

Kredit

Bagikan