Pantai Pandansari Ambyar Diterjang Abrasi

user
Ary B Prass 08 Januari 2023, 14:17 WIB
untitled

 
BANTUL - Sejumlah pantai dikawasan selatan tengah menghadapi persoalan serius terkait dampa abrasi. Salah satunya Pantai Pandansari Sanden Bantul.
 
Kawasan tersebut kini porak -poranda setelah dihempaskan ombak. Deburan ombak  biasanya dinikmati banyak orang kini menjelma jadi kekuatan dahsyat menghancurkan kawasan tersebut.  
 
Penasihat Kelompok Sadar Wisata Pandansari Kapanewon Sanden Bantul,  Ngadiyo MPd, Minggu (8/1/2023) mengatakan, peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu. Namun bekas kerusakan masih terlihat jelas sampai sekarang.  Meski kerusakan terjadi di sana-sini tetap masih banyak wisatawan berkunjung. "Masih banyak yang datang ke Pandansari, tetapi memang tidak sebanyak sebelumnya," ujarnya.
 
Dampak abrasi sangat dirasakan masyarakat. Pembangunan infrastruktur pendukung wisata rusak total termasuk pendapa di selatan jalan aspal. Bahkan jalan aspal sisi timur ambyar imbas dari peristiwa alam itu. Hasil pantauan KR,  abrasi juga menerjang  jalan aspal sisi timur  dan tidak bisa digunakan sebagai akses kendaraan. 
 
Sedang Rujito warga Samas Sanden Bantul juga tengah diliputi kekhawatiran berlebihan.  
Lelaki yang fokus bidang lingkungan khususnya konservasi penyu tersebut  resah akan ancaman abrasi. Dikhawatirkan gelombang pasang kedepan tidak sekadar merontokan Pantai Pandansari, tetapi juga bisa menerjang Pantai Samas.
 
"Tempat pelestarian penyu posisi saat ini hanya berjarak 50 meter dari pantai. Itu yang saya khawatirkan bakal haling diterjang gelombang,"ujarnya. 
 
Terpisah Kepala Badan Penanggangan Bencana Daerah (BPBD)  Bantul,  Agus Yuli Herwanto ST MEng mengungkapkan,  bahwa abrasi menurut kajian dipicu berkurangnya pasokan pasir dari Merapi akibat berbagai kegiatan. 
 
Hal tersebut sudah berlangsung sejak lama. Selain itu gerusan abrasi di pantai selatan Bantul tidak sama disetiap pesisir. Menurutnya langkah paling realistis dilaksanakan sekarang adalah penanaman pohon cemara di  pantai. (Roy)

Kredit

Bagikan