Komunitas Tanam Lestari Adakan Gerakan Tanam Pohon di Lokasi Wisata

user
Ary B Prass 08 Januari 2023, 14:57 WIB
untitled

 
BANTUL - Komunitas Tanam Lestari Bantul yang merupakan kelompok masyarakat pencinta tanaman di Bantul melakukan gerakan menaman pohon holtikultura di area wisata edukasi dan sejarah, Banjaran Guwosari Pajangan Bantul, Minggu (8/1/2023).
 
Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Milad ke- 5 Komunitas Tanam Lestari Bantul ditandai dengan pemotongan tumpeng ulang tahun dan penanaman pohon holtikultura oleh Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih diikuti, Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, Joko Waluyo SPt MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Ari Budi Nugroho ST MSc, Kepala Dinas Pariwisata Nugroho Eko Setyanto SSos MM, Panewu Pajangan Anjar Arintoko Putro SSos.
 
Bupati Bantul mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup dengan menanam kembali pohon-pohon yang sudah ditebang. Hari ini bersama Komunitas Tanam Lestari Bantul melakukan penanaman pohon di areal wisata Banjaran Guwosari Pajangan Bantul , dengan tujuan di area ini bisa ditingkatkan kualitas lingkungan hidupnya. 
 
"Dengan gerakan menanam pohon seperti ini akan ada dampak positifnya, seperti suplai ogsigennya semakin bertambah, bisa mempertahankan tanah dari erosi atau longsor. Tidak kalah pentingnya pohon- pohon disini bisa mempertahankan atau menahan air dari dampak pembangunan insfrastruktur karena kegiatan menanam pohon seperti hari ini," pungkasnya.
 
Sementara Panewu Pajangan memaparkan, bahwa area wisata Banjaran ini merupakan obyek wisata pengembangan dari obyek wisata Goa Selarong, yang dibiayai dari anggaran Danais.
 
Di area ini kedepan akan dikembangkan lagi bangunan lumbung desa, warung kuliner dan lainnya yang diharapkan mampu mendukung perekonomian wilayah setempat. ( Jdm ) 

Kredit

Bagikan