79 UMKM Jateng Terima Sertifikat Halal dari Unimus

user
Agusigit 10 Januari 2023, 09:40 WIB
untitled

 
SEMARANG -  Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Dr Masrukhi MPd didampingi Kepala Pusat Studi Gizi dan Halal Unimus Dr Sufiati Bintanah SKM MSi menyerahkan 79 sertifikat halal bagi pengusaha UMKM di halaman Rektorat Unimus, Senin (9/1/2023).
 
Menurut Rektor keberadaan pusat studi menjadi bermakna ketika bisa memberi kontribusi sesuai bidangnya.
 
"Ini sangat penting memberi pendampingan UMKM untuk memperoleh sertifikat halal. UMKM merupakan usaha yang dilakukan masyarakat kecil. Sudah pasti perguruan tinggi seperti Unimus memberi fasilitas atau bantuan sertifikat halal bagi produknya. Sertifikat halal ini instrumen penting bagi UMKM  untuk semakin mengembangkan usaha mereka" ujar Rektor.
 
Lebih lanjut menurut Rektor Prof Dr Masrukhi MPd, pentingnya bagaimana Unimus berkontribusi bagi pengembangan UMKM. Dalam kontribusi membantu UMKM, tidak hanya terkait  sertifikat saja tetapi lewat pusat pusat studi lain di Unimus memberi berbagai pelatihan pada UMKM sesuai dengan keahliannya para pengelola pusat pusat studi.
 
Rektor juga memberi apresiasi kepada Pusat Halal Unimus dalam membantu UMKM. Bahkan Unimus mendorong seluruh  pusat studi yang ada di Unimus ikut berkontribusi pada  pengembangan UMKM .
 
Sementara itu Kepala Pusat Studi Gizi dan Halal Unimus Dr Sufiati Bintanah SKM MSi menyampaikan 79 sertifikat halal untuk 79 UMKM yang sudah terbit. UMKM ini berasal dari 12 kota di Jateng di antaranya kota Semarang, kab Semarang, Temanggung, Salatiga, Pekalongan dan lain lain .
 
"Kami dulu pernah mengadakan pelatihan untuk 100 pendamping. Tetapi ada 58 pendamping yang aktif, dan dari 58 ini bisa mendampingi 140 pengusaha UMKM . Namun ada beberapa masalah buat kami karena tidak semua pengusaha UMKM melek digital. Misal diminta buat email sangat lama dikerjakan. Setelah itu  sosialisasi dilanjutkan ke pendamoingan" ujar Dr Sufiati.
 
Dr Sufiati juga melihat kegembiraan penerima sertifikat halal yang diterima. Beberapa pengurus jaringan saudagar Muhammadiyah (JSM) yang ikut mendampingi UMKM di Temanggung memperoleh sertifikat halal menyampaikan kegembiraan dan terimakasih pada Pusat Studi Gizi dan Halal Unimus.
 
"Ini antara lain karena tahun 2024 semua pengusaha harus sudah memiliki sertifikat halal yang wajib dimiliki pengusaha, terutama makanan dan minuman. Dan doakan waktu dekat, kami akan mendampingi untuk penyembelih halal di lembaga penyembelihan hewan atau LPH. Agar nanti para penyembelih ketika sudah memiliki sertifikat halal, bagi mereka produk produknya semuanya halal" tandas Dr Sufiati Bintanah SKM MSi (sgi)

Kredit

Bagikan