Perjalanan Semakin Nyaman, Dibuka Jalur Transportasi Imogiri - Bandara YIA

user
Danar W 10 Januari 2023, 14:55 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul mulai Selasa (9/1/2023) membuka jalur transportasi angkutan umum Imogiri Bantul - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo PP. Jalur transportasi Imogiri- YIA yang baru perdana diluncurkan tersebut terealisir adanya kerjasama Dishub Bantul dengan Kementerian Perhubungan RI.

Menurut Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi SE MM didampingi Kasi Angkutan Jalan Dishub Bantul, Nurseta Mulyasari, untuk pelayanan transportasi Imogiri ke YIA mulai pukul 04.00 hingga pukul 13.00 WIB sedangkan dari YIA ke Imogori pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk sementara penyediaan armada angkutannya, karena baru perdana disediakan 2 bis kecil Hiace yang kapasitasnya 14 penumpang. Tiket penumpang mestinya Rp 80.000 per orang, tetapi untuk sementara hanya Rp 20.000 per orang. Dengan mekanisme subsidi dari Kementerian Perhubungan Rp 60.000 per orang.

"Pembukaan jalur transportasi Imogiri- YIA PP ini selain untuk pengembangan ekonomi di Bantul dan Kulonprogo juga dimaksud untuk merespon program pemerintah dalam rangka mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (PSPN). Dan ini yang pertamakali membuka jalur transportasi awal tahun 2023 kerjasama dengan Perum Damri," ungkap Singgih.

Harapannya, kalau route ini sudah berkembang nantinya secara bertahap juga akan diimbangi dengan penambahan armada maupun fasilitas, sarana dan prasarana lainnya.

Singgih juga berharap, dengan peluncuran perdana jalur transportasi Imogiri- YIA ini akan meningkatkan minat masyarakat memanfaatkan sarana angkutan umum.

Seperti jalur transportasi Yogya- Bantul yang belum lama dibuka, saat ini penumpang bis jalur Bantul - Yogya rata- rata mencapai Rp 1.500 orang perhari. Jika hari Minggu bisa 2.500 orang.

Selain jalur tersebut, juga telah dibuka jalur transportasi dari Malioboro (Bank Indonesia) - Titik Nol - Parangtritis - Pantai Baron - Taman Satya - Malioboro , dengan jumlah armada sementara 2 unit. Sementara peluncuran perdana jalur Imogiri- YIA kemarin langsung dimanfaatkan oleh penumpang utamanya para pelajar. (Jdm)

Kredit

Bagikan