Ada Ribuan Pemilih Pemula, Disdukcapil Bantul Berharap Bisa Mengikuti Pemilu 2024

user
Danar W 10 Januari 2023, 22:10 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, saat ini mempersiapan proses pembuatan KTP bagi pemilih pemula Pemilu 2024 yang jumlahnya tidak kurang dari 11.700 pelajar yang sudah memasuki usia 17 tahun.

Menurut Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho SH MH, Selasa (9/1/2022), guna mempercepat proses rekam KTP selain mengharap para wajib KTP pemula datang ke Disdukcapil Bantul untuk melakukan rekam KTP. Disdukcapil juga akan menugaskan Tim mendatangi sekolah- sekolah untuk melakukan proses rekam KTP dan secara bertahap dilakukan proses pembuatan atau cetak KTP.

"Sehingga sebanyak 11.700 wajib KTP pemula itu pada saat pelaksanaan Pemilu 2024 bisa melakukan pemilihan atau nyoblos tanda gambar sesuai hak pilihnya," papar Bambang.

Sementara saat ini Disdukcapil Bantul sedang melakukan proses cetak KTP sebanyak 4.000 keping. Jumlah tersebut terkumpul dari pemohon sejak November 2022.

Jumlah pemohon KTP status, baru, pindah alamat, rusak dan lainnya sejak November 2022 sebanyak 6.500 pemohon. Tetapi karena ada keterlambatan droping material sehingga menjadi kendala pencetakannya.

Dari jumlah 6.500 pemohon tersebut kini sudah proses cetak 4.000 keping dan ditambah dari Biro Tapem DIY 1.000 keping. Kekurangannya sebanyak 1.500 keping menunggu dari pusat.

Bambang berharap, masyarakat yang sudah rekam KTP bisa buka aplikasi di HPnya untuk cek notifikasinya . Jika sudah terkirim informasi KTP sudah jadi, bisa diambil di Disdukcapil Bantul.

Sementara di Bantul saat ini ada sekitar 720.000 warga wajib KTP. Untuk pemutakhiran data berkelanjutan telah dilakukan kerjasama dengan KPU. Bagi warga yang pindah penduduk, masuk dan diterima sebagai TNI maupun Polri harus dikeluarkan dari data pemilih. Untuk itu juga dilakukan kerjasama dengan Polres Bantul. (Jdm)

Kredit

Bagikan