DPRD DIY Usul Pemberian Vitamin Petugas Pemilu 2024

user
Tomi Sujatmiko 13 Januari 2023, 16:08 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Komisi A DPRD DIY mengusulkan pemberian vitamin bagi petugas pemilu 2024. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya pencegahan terjadinya kelelahan petugas seperti yang terjadi pada pemilu 2019 silam.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengatakan Pemda DIY memiliki anggaran Rp 23 miliar untuk Belanja Tidak Terduga pada tahun 2023 ini. Anggaran tersebut bisa dialokasikan untuk pemberian vitamin bagi petugas pemilu yang saat ini sudah berproses mempersiapkan pemilu 2024.

“Untuk tahapan pemilu, saat ini terus berlangsung. KPU sudah berjalan membentuk PPK, panwascam dan PPS termasuk linmas. Menjadi penting penyelenggara pemilu mendapat dukungan Pemda DIY yang diperbolehkan seturut perundangan,” ungkap Eko, Jumat (13/1/2023).

Komisi A menurut Eko akan segera mengundang stakholder pemilu seperti KPU DIY dan Bawaslu untuk membahas skema pemberian vitamin dan vaksinasi untuk para petugas. Bantuan untuk petugas pemilu sangat mungkin dieksekusi oleh Pemda DIY karena sebelumnya Pemda pernah membantu vitamin untuk jaga warga.

BACA JUGA :

Viral di Medsos, Cerita Mahasiswi UNY Meninggal Berjuang Bayar Uang Kuliah

Puluhan Ribu Mitra Grab Diguyur Apresiasi Rp17,2 Miliar

“Sebelum Maret harapannya ada kesempatan duduk bareng Komisi A dan instansi terkait tadi mengingat pemilunya Februari 2024. Vitamin bisa diberikan tahun ini dan tahun depan tak masalah. Tapi vaksinasi bisa segera tak perlu menanti 2024,” lanjut Eko.

Sementara, Anggota Komisi A, Heri Dwi Haryono, menambahkan pada 2019 silam ada 19 petugas yang tutup usia karena kelelahan saat menjalankan tugas. Hal tersebut diharapkan tidak terjadi pada pemilu 2024 mendatang.

“Kita di DIY bisa melakukan upaya pencegahan dan diperbolehkan perundangan berlaku. Komisi A mendukung adanya bantuan untuk petugas pemilu di DIY,” pungkas dia. (Fxh)

Kredit

Bagikan