Pemkab Banyumas 'Belajar' Membangun Pasar Rakyat di Bantul

user
Tomi Sujatmiko 17 Januari 2023, 10:42 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Pasar Imogiri merupakan Pasar Rakyat tipe A yang sudah memiliki sertifikat standar nasional atau Standar Nasional Indonesia ( SNI ), bahkan terbaik di seluruh Indonesia. Dengan keberadaan pasar tersebut, Pemkab Banyumas Jawa Tengah tertarik untuk study tiru ke Bantul melihat dari dekat terkait dengan penataan pedagang, grouping pedagang, maupun penataan dagangan maupun bangunannya.

Rombongan dari Pemkab Banyumas dipimpin Asek Perekonomian dan Pembangunan, Irawadi melakukan study tiru ke Bantul, Senin (16/1) bersama para Kepala Dinas terkait dan di Bantul diterima Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMPP) Bantul Drs Agus Sulistiyana MM.

Menurut Irawadi, saat ini Pemkab Banyumas mempunyai rencana dan sedang dalam proses pelelangan membangun pasar terbesar di Banyumas, yakni Pasar Ajibarang.

"Pemkab Banyumas memilih study tiru di Bantul memang khusus untuk melihat Pasar Imogiri dari dekat, karena Pasar Imogiri merupakan pasar terbaik di Indonesia dan mempunyai sertifikat SNI. Pasar Ajibarang yang mempunyai luas 28.000 meter persegi nantinya diharapkan bisa menjadi pasar yang memakmurkan masyarakat. Jika bisa dilakukan nantinya dijalin kerjasama dengan pasar di Bantul dalam pengadaan dagangan," paparnya.

Sementara Agus Sulistiyana mengungkapkan, Pasar Rakyat tipe A di Bantul ada 4 yakni selain Pasar Imogiri juga Pasar Bantul, Pasar Piyungan dan Pasar Niten. Tetapi animo masyarakat untuk berbelanja paling tinggi di Pasar Imogiri dibanding dengan Pasar Rakyat lainnya. "Ke depan kami mempunyai rencana kerjasama dengan Pemkab Banyumas melalukan program E- Kubar atau Eloktronik Kulakan Bareng, terutama dalam pengadaan dagangan sayur mayur," papar Agus.

Rombongan dari Banyumas, sebelum mengunjungi Pasar Imogiri lebih dulu ke Gedung Pamer Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas) Bantul di Gose untuk melihat produk- produk UMKM asli Bantul. "Industri kerajinan yang ada DIY paling banyak berasal dari Bantul," papar Agus. (Jdm)

Kredit

Bagikan