Kemenag Temanggung Dukung Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

user
Ivan Aditya 17 Januari 2023, 18:32 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Kementerian Agama menargetkan 1 juta sertifikat halal untuk pelaku UMKM. Untuk mendapatkan sertifikat ini bisa menghubungi kementerian agama setempat dan dalam mendapatkannya secara gratis.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung, Ahmad Muhdzir mengatakan target 1 juta sertifikat halal adalah target pada 2023 maka itu pihaknya mendorong pada pelaku UMKM di Temanggung untuk mendaftar dan mendapatkannya.

"Kami mengimbau masyarakat terutama pelaku pelaku usaha untuk mengajukan produknya mendapatkan sertifikat halal. Untuk mendapatkannya gratis," kata Ahmad Muhdazir, Selasa (17/01/2023).

Dia mengatakan dengan terdaftarnya produk UMKM yang bersertifikat halal, maka usaha yang dijalankannya akan semakin sukses, laris dan berkah.

Dikemukakan Kementerian Agama Temanggung gencarkan perlunya sertifikat halal dan menggelar bazaar atau pasar ekspo untuk pelaku UMKM, teutama yang yang sudah mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan sertifikat halal.

Salah seorang pelaku usaha Ahmad, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Setelah mendapatkan sertifikat halal, dirasakan permintaan pesanan semakin ramai dan dalam kegiatan bazar UMKM tersebut, produknya juga banyak terjual.

Disamping gratis, proses pengajuan halal tergolong mudah dan pembuatannya dibantu oleh Pendamping Produk Halal (PPH) yang sudah bersertifikat.

Dia mengemukakan ketika prosesnya sudah dilaksanakan secara online dan sudah diverifikasi oleh para pendamping halal, dapat rekomendasi dari PPH untuk mendapatkan sertifikat, langsung turun sertifikat halalnya dari BPJPH.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Muh Amin mengatakan sertifikasi halal bagi produk UMKM diperlukan untuk memastikan produk yang dihasilkan halal. "Dengan halal secara otomatis produknya aman dan sehat," kata dia.

Disampaikan DPRD mendukung upaya Kemenag dalam sertifikasi halal ini apalagi gratis. Maka itu perlu langkah bersama untuk mensosialisasi pada pelaku UMKM dan harapan pada tahun depan bisa lebih banyak. (Osy)

Kredit

Bagikan