Memahami Arti Allahu Akbar, Manfaat dan Waktu Tepat Melakukan Takbir

user
Tomi Sujatmiko 19 Januari 2023, 20:26 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Allahu Akbar artinya adalah Allah Maha Besar. Allahu Akbar juga menjadi ungkapan umum yang digunakan oleh umat Islam dalam berbagai situasi. Allahu Akbar artinya seruan mengagungkan nama Allah SWT.

Dikenal juga sebagai takbir, Allahu Akbar memiliki makna mengingat, menyebut dan menggemakan kebesaran Allah SWT. Ungkapan Allahu Akbar biasa diucapkan setiap kali melakukan shalat, yaitu pada gerakan takbiratul ihram.

Allahu Akbar juga umumnya dilantunkan dalam wirid dan dzikir harian. Hal ini karena Allahu Akbar dapat mendatangkan pahala dan memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim, bagi mereka yang mengamalkannya.

Sehingga mengucapkan dan mengamalkan takbir atau Allahu Akbar artinya kita telah menghormati dan mengagungkan Allah SWT. umat muslim sangat dianjurkan untuk sering-sering melafalkan Allahu Akbar, karena ucapan takbir ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, yang sangat baik untuk umat Islam.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (19/1/2023). Arti kalimat takbir Allahu Akbar, manfaat melafalkan Allahu Akbar dan waktu yang tepat untuk melafalkannya.

 

Allahu Akbar Artinya

Allahu Akbar artinya Allah Maha besar. Allahu Akbar merupakan kalimat yang juga dikenal dengan takbir. Takbir adalah nama untuk frase Arab Allahu Akbar yang artinya mengagungkan Allah atau menyatakan kebesaran Allah Subhanahu wata'ala. Ungkapan takbir, Allahu Akbar artinya Allah Maha Besar.

Takbir adalah salah satu ungkapan terindah yang pernah diucapkan seseorang. Takbir adalah penegasan keagungan Allah dan pernyataan ketundukan kita kepada-Nya. Melalui Takbir atau ucapan Allahu Akbar, kita mengingatkan diri kita sendiri bahwa Allah Maha Besar dalam segala hal pada hakekatnya, kekuasaan, kehormatan, dan keagungan.

Allah adalah Raja segala raja, kepada siapa segala sesuatu tunduk. Kata Arab كَبِير (kabir) berarti hebat. Kata Arab أَكْبَر (ʾakbar) adalah bentuk elatif (terbesar) dari kata sifat kabir. Ketika digunakan dalam Takbir biasanya diterjemahkan menjadi terbesar, tetapi beberapa penulis menerjemahkannya menjadi lebih besar.

Allahu akbar artinya 'Allah lebih besar dari…' Dengan tidak menyebutkan apa yang lebih besar darinya, seseorang mengatakan bahwa dia lebih besar dari segalanya. Allah lebih besar dari apa pun yang dapat kita bayangkan dan Keagungan-Nya meliputi segala sesuatu: Dia Maha Besar dalam Dzat-Nya, Nama-nama-Nya, Sifat-sifat-Nya, dan Perbuatan-perbuatan-Nya.

Allah Maha Tinggi dan Transenden di atas segala keterbatasan dan kekurangan yang melekat pada makhluk ciptaan. Pikiran kita yang terbatas tidak mampu memahami Kebesaran Allah. Namun seseorang dapat mencoba menghargai Keagungan-Nya dengan merenungkan ciptaan-Nya.

HALAMAN

Kredit

Bagikan