Anggraeni Kumala Dewi Raih Penghargaan SDGs Paper Award 2022

user
Tomi Sujatmiko 19 Januari 2023, 20:11 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Taiwan Institute for Sustainable Energy (TAISE) kembali mengadakan kegiatan rutin tahunan ke-6, yaitu SDGs Paper Award 2022 bekerja sama dengan China Technical Consultants Inc Education Foundation (CTCI EF). Topik paper award tahun ini berkaitan dengan 17 SDG Goals United Nation (PBB) yang mencakup tiga aspek, yaitu lingkungan, ekonomi, dan masyarakat.

Tujuan TAISE dan CTCI EF mengadakan lomba SDGs Paper Award 2022 ini adalah untuk memperkuat pertukaran pengetahuan, komunikasi, dan interaksi di bidang pembangunan berkelanjutan secara global. Dengan harapan dapat mendorong industri, pemerintah, universitas, dan LSM untuk mengabdikan diri pada penelitian akademik dan program terkait SDGs, penerapan pengetahuan, dan kemampuan untuk memenuhi tanggung jawab sosial.

Selain itu mempercepat transmisi pengetahuan terkait SDGs, menetapkan standar untuk mendorong penelitian tentang keberlanjutan.

Lomba dibagi menjadi tiga kategori untuk mahasiswa S2, mahasiswa S3, dan perusahaan. Tahun ini, sebanyak 40 sekolah dan 9 perusahaan tertarik untuk mengajukan pengajuan, dan jumlah artikel yang dikirimkan mencapai 121 buah.

Setelah proses peninjauan profesional dan anonim oleh juri, 8 penghargaan tesis master, 5 penghargaan tesis doktoral, dan 3 penghargaan makalah praktik perusahaan dipilih tahun ini, dan total 16 makalah terpilih.

Dari 16 makalah terpilih, 2 makalah berasal dari 2 mahasiswa internasional asal Indonesia dan Vietnam di kelompok mahasiswa S3. Mahasiswi Indonesia tersebut adalah Anggraeni Kumala Dewi yang kini tengah menempuh studi S3 di Departemen Fisika, National Chung Cheng University.

Dalam penyusunan makalah, Anggraeni Kumala Dewi dibimbing oleh dosen pembimbing Prof Chien-Yen Chen (Department of Earth and Environmental Science) dan Prof Chia-Chen Hsu (Department of Physics).

Kepada Krjogja.com, Kamis (19/1/2023), Lala panggilan akrabnya merasa bersyukur dan bangga atas pencapaian yang diperoleh. Ia tidak percaya bahwa makalah penelitiannya akan lolos dan hal ini membuatnya semakin bersemangat dan percaya diri. Lala berharap agar penelitiannya akan bermanfaat bagi masyarakat luas dan memotivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan sosial.

Acara penghargaan diadakan pada 17 November 2022 di The Grand Hotel Taipei, Taiwan. Upacara penghargaan dihadiri oleh para komite and tamu undangan, yang mana sambutan diberikan oleh Mr Eugine Chien PhD selaku Chairman and President TAISE dan Ambassador-at-large for climate change and sustainability, Taiwan, ROC.

Penghargaan untuk para 16 finalis diserahkan secara langsung oleh Pen-Chi Chiang PhD selaku Executive Committee dan Distinguished Professor, Graduate Institute of Environmental Engineering, National Taiwan University. (Dev)

Kredit

Bagikan