Penempatan Kerja Lulusan SMK Jatipuro Pakai Sistem Ijon

user
Tomi Sujatmiko 20 Januari 2023, 13:31 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR- Lembaga penempatan kerja dan perusahaan menjajaki calon tenaga kerja hasil didikan SMKN Jatipuro. Siswa kelas XII yang memenuhi kriteria diminta komitmennya agar bisa bekerja mendatang.

Perjanjian tersebut disebut ijon, dimana 341 siswa mengikuti sosialisasi dan rekrutmen oleh enam lembaga pelatihan kerja (LPK) dan perusahaan.

Perekrutan itu berlangsung di aula SMKN Jatipuro selama tiga hari, 17-19 Januari 2023. Para ijon berasal dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Akutansi dan Keuangan Lembaga serta Tata Busana. Sosialisasi dan rekrutmen ini diselenggarakan LPKS Koreanindo (Magang Korea), LPK Baskoro (Magang Jepang), LPK Satoru (Magang Jepang) dan PT Karyatama, PT Semar Nusantara dan PT Liebra Permana Wonogiri.

“Pada sosialisasi ini siswa diberikan gambaran tentang persyaratan, pendidikan dan pelaksanaan magang di negara tujuan termasuk biaya yang harus disiapkan dan penghasilan yang akan diperoleh selama magang. Dengan ini diharapkan siswa kelas XII bisa memilih sesuai dengan budget yang disanggupi,” kata Kepala SMKN Jatipuro, Sri Eka Lelana, Jumat (20/1).

Melalui sistem ijon, sekolah dapat memberikan peluang dan kesempatan pada siswa untuk memperoleh pekerjaan lebih awal dengan beberapa pilihan sehingga dapat menyesuaikan minat dan hasrat. Hal ini juga untuk meningkatkan kerjasama antara sekolah dan dunia kerja sehingga dapat meningkatkan kualitas link and match 8 + i.

Ketua BKK SMK N Jatipuro, Clara Olga Laksmita, S.Pd. menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap bulan minimal satu perusahaan. Harapannya siswa mendapatkan banyak referensi pekerjaan dan setelah lulus tidak kebingungan mencari pekerjaan lagi sehingga keterserapan lulusan ke DUDI semakin tinggi.

Manager SDM Semar Nusantara, Bola menyampaikan bahwa pada tahun ini antusias siswa kelas XII sangat luar biasa, sedangkan menurut HRD Rekrutmen PT Liebra Permana Wonogiri, Azis Andy Prabowo menyampaikan bahwa SDM siswa kelas XII SMK N Jatipuro pada tahun ini mengalami peningkatan dan antusias yang sangat baik.

“Kegiatan yang diadakan oleh BKK ini sangat bagus karena dapat memberikan pengetahuan sekaligus siswa dapat mendapatkan pekerjaan sebelum mereka lulus, sehingga setelah lulus mereka langsung bekerja tanpa menganggur.,” kata Siswi Kelas XII SMKN Jatipuro, Natalia. (Lim)

Kredit

Bagikan