Muhammad Prakosa, Duta Besar Indonesia Untuk Italia asal Bantul Meninggal Dunia

user
Ivan Aditya 20 Januari 2023, 20:18 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (DBBP) Republik Indonesia untuk Italia, merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP dan UNIDROIT yakni Dr Muhammad Prakosa meninggal dunia di Italia, Selasa (17/01/2023). Muhammad Prakosa yang meninggal dunia pada usia 62 tahun itu merupakan warga Gresik Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul.

Menurut penuturan Wakil Bupati Bantul, kebetulan Dr Muhammad Prakosa adalah kader PDIP dan pernah menjadi anggota DPR RI, serta pernah menjadi menteri di era Megawati. Direncanakan jenazah Dr Muhammad Prakosa pemakaman di Gresik Sumbermulyo, maka warga DPC PDIP Bantul maupun PAC Bambanglipuro bersama warga masyarakat setempat, utamanya warga Gresik Sumbermulyo melakukan koordinasi untuk kesiapan prosesi pemakaman jenazah.

"Menurut informasi yang tadi kami terima, siang hari ini jenazah almarhum akan tiba di Bantul pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2023 atau kemungkinan Jumat sore. Karena itu kami melakukan koordinasi untuk proses pemakaman beliau pada hari apa sesuai kesepakatan keluarga," ungkap Joko Purnomo.

Baca juga :

Muhammad Prakosa, Duta Besar Indonesia Untuk Italia asal Bantul Meninggal Dunia

Total Lelang Selama Tahun 2022 Mencapai Rp 35 Triliun

Perangkat Desa Cangkol Hanyut di Saluran Irigasi Ditemukan Tewas

Menurut Joko Purnomo, Muhammad Prakosa memiliki satu kecerdasan yang sangat luar biasa, terutama di bidang kehutanan. Setelah bergabung dengan PDI Perjuangan, ia oleh Megawati diberikan tugas sebagai pengurus dewan pimpinan pusat yang saat itu membidangi tentang lingkungan hidup membidangi tentang bagaimana memelihara lingkungan hidup, memelihara hutan, termasuk juga memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui struktur partai untuk menata lingkungan.

Kemudian ia menjadi anggota DPR RI dan pada saat menjadi anggota DPR RI juga memberikan banyak perhatian kepada masyarakat Bantul yang ada di lingkungan Bambanglipuro, termasuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat. "Itu dilakukan oleh beliau dan pada saat itu pernah mendirikan sebuah LKM keuangan mikro namanya Bantul Prasojo yang dikelola oleh masyarakat Bantul," imbuhnya.

Kemudian setelah itu tidak menjabat sebagai anggota DPR RI masih menjadi pengurus dan di era Jokowi ditugaskan di Italia sebagai duta besar. "Bapak Prakoso memang konsen memberikan contoh kepada masyarakat. Bagaimana perawatan lingkungan, memberikan teladan kepada warga," pungkas Joko Purnomo. (Jdm)

Kredit

Bagikan