Sudaryanto CS Stasiun Tugu Kembalikan Tas Berisi Uang Rp 44 Juta

user
Tomi Sujatmiko 22 Januari 2023, 16:14 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Kejujuran, meski kecil namun membawa kebaikan-kebaikan yang muncul kemudian. Inilah yang dialami Sudaryanto (40) seorang cleaning service (CS) Stasiun Yogyakarta (Tugu) yang mengembalikan tas temuan berisi uang tunai puluhan juta Rupiah.

Sudaryanto (40), bapak dua anak warga Biru Sleman seorang cleaning service Tugu menjadi pembicaraan karena kejujurannya mengembalikan tas calon penumpang kereta api yang tertinggal di konter check in, Sabtu (21/1/2023). Tak disangka, setelah dibuka, tas tersebut diketahui berisi uang Rp 44.108.000 dan satu unit handphone.

Sudaryanto menceritakan, saat menemukan tas ia sedang mengepel lantai di dekat mesin ATM Stasiun Yogyakarta. Tak lama setelah menyelesaikan mengepel di area tersebut, ia melihat tas yang tertinggal di tempat boarding cetak tiket dan langsung mengambilnya.

 

BACA JUGA :

Bimtek PTK-PTS: Merencanakan Hasil Bukan Rencanakan Kegiatan

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon Jawa dan Kesehatan

“Saya baru mengepel di depan ATM, berjalan di boarding tempat cetak tiket ada tas tertinggal. Saya langsung minta ijin satpam dan bapak boarding mengembalikan tas ke keamanan Polsuska. Barang dibuka sama Polsuska dan satpam, ternyata isinya uang. Disaksikan empat orang di situ. Setelah itu saya langsung bekerja lagi,” ungkapnya, Minggu (22/1/2023).

Sudaryanto mengaku baru kali pertama mengalami kejadian seperti itu, menemukan tas yang berisi uang sangat banyak. Ia pun menyatakan dengan tegas, memilih mengembalikan karena bukan merupakan haknya.

“Saya belum pernah menemukan barang seperti itu. (Saya kembalikan) bukan hak saya, saya kembalikan,” pungkas dia.

Terpisah, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan saat kejadian, stasiun memang dipadati oleh calon penumpang karena bertepatan dengan libur panjang Tahun Baru Imlek. Tas tersebut kembali pada pemiliknya dengan cepat, tidak sampai 40 menit setelah diumumkan melalui pengeras suara stasiun.

“Petugas keamanan setelah mendata temuan Pak Sudaryanto ini lalu berkoodinasi dengan announcer stasiun untuk memberikan pemberitahuan. Tak berselang lama pemilik aslinya mendatangi Pos Pengamanan dan barang pun dikembalikan dalam keadaan utuh. Barang tersebut dikembalikan dalam kurun waktu yang singkat, tidak sampai 40 menit,” tandas Franoto.

Pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023, Daop 6 Yogyakarta juga melakukan pengembalian barang temuan 21 barang kepada pemiliknya. Adapun jenis barang tersebut diantaranya Laptop, HP, Tablet, Smartwatch, Dompet, dan lain-lain dengan taksiran senilai Rp 74 juta.

“Pada masa peak season memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel,” pungkas Franoto. (Fxh)

Kredit

Bagikan