Tryout dan Market Day SMP Muh 4 Yogya Kebanjiran Peserta

user
Tomi Sujatmiko 23 Januari 2023, 09:40 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Pelaksanaan Tryout dan Market Day SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta layak diapresiasi karena sampai menolak-nolak peserta.

"Kegiatan ini berlangsung dengan sukses. Tryout target 750 siswa kelas 6 SD/MI yang mendaftar. Kenyataannya diikuti 1.000 lebih, sampai menolak-nolak peserta," kata Drs H Suparto MA selaku Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta saat membuka Tryout dan Market Day SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta di Jalan Ki Mangunsarkoro, Gunungketur, Kemantren Pakualaman, Kota Yogyakarta, Minggu (22/01/2023).

Hadir pula dan memberi pengantar Dra Hj Rini Diah Herawati (Kepala SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta), Rahmat (Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta). Dalam kesempatan itu dilakukan pula peninjaun dan berbelanja di stan Market Day.

Menurut Suparto, Tryout bisa menjadi salah satu media tolok ukur penguasaan materi untuk melanjutkan sekolah selanjutnya. Sedangkan kegiatan Market Day siswa sudah dilatih entreprenurship atau berwirausaha. "Market Day salah satu cara mengasah kemampuan berwirausaha," ujarnya.

 

BACA JUGA :

Sudaryanto CS Stasiun Tugu Kembalikan Tas Berisi Uang Rp 44 Juta

Pesan Bunda Cinta Terhadap Banyaknya Perokok Anak, Jauhkan Tontonan Orang Tua Merokok

Pemulihan Ekonomi DIY Jadi Salah Satu Yang Tercepat di Indonesia

 

Dra Hj Rini Diah Herawati dalam sambutan maupun saat wawancara menyebutkan, Tryout dan Market Day sudah menjadi kegiatan tahunan. "Tryout bisa menjadi media penguasaan materi sekaligus persiapan siswa masuk SMP. Market Day siswa belajar entrepreneurship," katanya.

Diakui, target peserta 750, justru yang mendaftar tidak hanya siswa kelas 6 SD di Kota Yogya, ada dari Bantul dan Sleman. "Kegiatan tahun ini diikuti 1.000 siswa. Kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan, kecuali saat ada pandemi Covid-19 tidak dilaksanakan," ujarnya.

Animo yang tinggi menjadi perhatian pelaksanakan tahun mendatang. Kemudian soal Market Day saat ini diikuti 14 stan, 6 stan pendukung. "Setiap stan diberi dana stimulan dari sekolah Rp 200.000 - Rp 250.000, selebihnya siswa mendapatkan modal dari siswa bersangkutan, wali siswa, bahkan dari sponsor," ucapnya.

Stan di Market Day akan dinilai dari variasi, kreativitas olahan makanan, kebersihan, omset penjualan. Ditegaskan, Tryout dan Market Day telah menjadi kegiatan tahunan. Dalam momentum ini ditampilkan antara lain, ekstrakurikuler berbagai potensi, bakat dan minat siswa berupa gamelan siswa, Tapak Suci, tari, Fashion Show, Navis and Friends dengan bintang tamu Aditya Navis, Runner-up Indonesia Idol tahun 2019, alumni SMP Muhammadiyah 4 Yogyamarta.

Wasul Nuri SHum selaku Waka Humas SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta menginformasikan, Tryout - peringkat 1 Tristantri Zahrani (nilai 26,00 - SDM Nitikan), peringkat 2 Rasya Daniyal M (Nilai 25,67 dari SDM Karangkajen), peringkat 3 Novrina Hasna (nilai 25,00 - SDM Sokonandi). (Jay)

Kredit

Bagikan