Pentas Jatilan di Sanggrahan, Tahun Depan Jadi Festival

user
Tomi Sujatmiko 23 Januari 2023, 09:22 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Warga Sanggrahan Kowen II Timbulharjo Sewon Bantul menggelar pentas jatilan, meliputi rampak barong, rampak gedruk, jaranan putra (Gedruk dan helly) jaranan putri ( leak dan gedruk). Pentas sehari di dusun setempat dihadiri anggota DPR RI, Drs HM Gandung Pardiman MM dan menarik ribuan penonton, Minggu (22/1).

Gandung Pardiman mengapresiasi warga Sanggrahan yang ikut melestarikan sejumlah kesenian, seperti ketoprak, hadroh, jatilan dan kelompok budaya lainnya. " Disini warganya, terutama Karang Tarunanya semua kompak, layak dinamai Desa Pancasila," ungkap Gandung.

Untuk apresiasinya, Gandung Pardiman siap menyumbangkan dana untuk pelestarian jatilan. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan 1 unit wirelles untuk kelompok pengajian ibu- ibu.

Gandung juga berpesan, hendaknya semua kegiatan positif dari Karang Taruna dengan dukungan semua warga Sanggrahan tetap dilanjut, untuk kerukunan warga dan pelestarian kesenian maupun budaya. Jadikan kesenian sebagai tuntunan bukan hanya sebagai tontonan saja.

Sementara ketua Karang Taruna Muda Prasetya Sanggrahan, Noor Arif menuturkan, pentas jatilan tersebut baru perdana digelar di Sanggrahan. Selain menampilkan kebolehan jatilan dari group Sanggrahan sendiri juga mengundang dari luar daerah, seperti dari Sleman. " Kami berencana untuk tahun depan digelar festival jatilan se kabupaten Bantul atau bisa se DIY," tuturnya.

Menurut Noor Arif, semua kegiatan kesenian selain untuk ikut pelestarian seni dan budaya juga sebagai sarana silaturahmi dan pemersatu warga sehingga bisa selalu guyup dan rukun serta menumbuhkan semangat dan motivasi warga.
(Jdm).

Kredit

Bagikan