LCY Roro Roro Jonggrang Bakti Sosial di Klaten dan Yogya

user
Ivan Aditya 23 Januari 2023, 13:12 WIB
untitled

Krjogja.com - KLATEN - Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang (LCYRJ) Wilayah 3, Daerah 3C, District 307 B2 menggelar bakti sosial di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rangkaian program aksi sosial ini dilaksankan dalam rangka HUT ke-57 PERTUNI di wilayah Klaten Klaten dan Yogyakarta. Ini juga merupakan bagian dari komitmen dari LCY Roro Jonggrang dalam melaksanakan lima pilar program sosial utama yakni Health of Diabetes, Health of Vision, Relieving The Hunger, dan program tambahan yaitu Difabel dan Disabilitas, juga Reading Action.

Seperti dikatakan Project Officer, RAj Melianti Wulandari dan Lion Wulan Nur As Shiyam bakti sosil dilaksanan dalam dua kegiatan. Pertama dilaksanakan di Dusun Pandanan Desa Soropaten Karanganom Klaten Jateng pada Senin (16/01/2023).

"Kegiatan dilaksanakn secara paralel dalam bentuk pemeriksaan gula darah dan konsultasi kesehatan gratis bagi 100 orang anggota Pertuni DPC Klaten
dan DPC Boyolali, serta masyarakat setempat bekerjasama dengan RS Cakra Husada Klaten sebagai implementasi program Health of Diabetes," katanya, Senin (23/01/2023).

Selain itu ada pula story telling dan penyuluhan kesehatan mata untuk anak-anak anggota Pertuni DPC Klaten usia SD dengan Narasumber Nrs Ida Puspitasari SKep. Kegiatan ini merupakan implementasi program Health of Vision.

"Pada kesempatan tersebut, narasumber menyampaikan tentang fisiologis mata berikut fungsi masing-masing bagian dan bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara sederhana. Harapanya para peserta dapat melakukannya sendiri secara berkelanjutan," imbuhnya.

Ada pula kegiatan penyerahan bantuan 100 tongkat putih bagi anggota Pertuni, penyerahan donasi 100 paket sembako bagi anggota Pertuni DPC Klaten dan DPC Boyolali oleh Club President LCYRJ Tyas Santhi Fatmasari sebagai bentuk implementasi dari program elieving The Hunger. Juga penyerahan donasi Al Quran Braile kepada Pertuni DPC Klaten dan DPC Boyolali.

Kegiatan kedua dilaksanakan di MTs LB/A Yaketunis Jalan Parangtritis no 46 Mantrijeron Mantrijeron Yogyakarta, Kamis (19/01/2023). Dalam kegiatan ini diserahkan donasi Al Quran Braile kepada MTs Yaketunis. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas sekolah baik sarana dan prasarananya, khususnya laboratorium komputer yang membutuhkan peremajaan.

Ia mengatakan perlu dilakukan peremajaan karena komputer kerap digunakan oleh para siswa dan guru tidak hanya untuk kegiatan belajar mengajar saja, namun juga administrasi sekolah. Kondisi saat ini nyaris tidak mampu mengikuti teknologi terbaru yaitu scanner reader atau teknologi yang digunakan untuk mengubah fungsi tulisan menjadi suara bagi perangkat komputer bagi penyandang tuna netra.

"Semoga apa yang telah dilakukan bersama, dapat menjadi berkah bagi kita semua, khususnya bagi penerimanya dan pihak-pihak yang telah memberikan support bagi terlaksananya kegiatan ini. Lebih jauh lagi dapat mengetuk hati lebih banyak lagi para dermawan dan donatur untuk dapat membantu sesama yang sangat membutuhkan uluran tangan kita," pungkasnya. (*)

Kredit

Bagikan