Gembira Loka Zoo Satu-satunya Kebun Binatang 'Mutu A' di Indonesia

user
Ivan Aditya 25 Januari 2023, 10:20 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Gembira Loka (GL) Zoo menjadi satu-satunya kebun binatang di Indonesia yang memperoleh akreditasi sangat baik (mutu A) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). GL Zoo mendapat nilai 84,47 sekaligus tertinggi di Indonesia setelah dilakukan penilaian secara langsung pada akhir 2022 lalu dan akan berlaku hingga lima tahun ke depan.

Direktur Utama GL Zoo, KMT A Tirtodiprojo (Joko Tirtono), mengatakan pada tahun 2022 dari total 49 anggota tetap Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) baru ada 5 yang siap untuk dinilai oleh KLHK. GL Zoo menjadi salah satu yang turut dalam penilaian dan mendapat nilai tertinggi yakni 84,47.

"Ada lima lembaga konservasi yang dinilai pada 2022 yakni Bali Bird Park, Lembang Zoo, Kebun Binatang Surabaya, Bali Dolphin dan Gembira Loka Zoo. Kami sangat bersyukur Gembira Loka mendapat nilai tertinggi dan terakreditas sangat baik, atau mutu A," ungkapnya pada wartawan, Rabu (25/01/2023).

Joko mengungkap, Gembira Loka Zoo terakhir diakreditasi pada 2011 silam dengan nilai 76,95 dan mendapat kategori B, tertinggi untuk kebun binatang saat itu. Kebun binatang salah satu tertua di Jogja ini terus berbenah dan berhasil meningkatkan kualitas secara keseluruhan 11 tahun kemudian dan naik kelas A.

"Terakreditasinya lembaga konservasi ini dapat digunakan untuk menghindari terjadinya praktik buruk manajemen yang akan mempengaruhi kualitas hidup satwa. Kami berkomitmen merawat dengan etika dan menjaga kesejahteraan satwa sebagai dasar wajib, dapat menjalankan fungsi sebagai tempat edukasi dan riset, memiliki program breeding terkontrol untuk menjaga kemurnian genetik satwa dan collection planning untuk program jangka panjang, dan memiliki andil besar menjadi tempat konservasi satwa di habitat aslinya sebagai tujuan utama. Selain itu, Gembira Loka Zoo juga akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang maksimal untuk para pengunjung," sambungnya.

Pelaksanaan penilaian tersebut sesuai dengan Pedoman Penilaian Lembaga Konservasi, yang meliputi tujuh komponen, yaitu Administrasi dan Fasilitas Pengelolaan, Pengelolaan Satwa, Kesehatan Satwa, Fasilitas Pengunjung, Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Sumber Daya Manusia dan Keberlanjutan (Sustainability). Lembaga konservasi terbagi menjadi dua kepentingan, yaitu umum dan khusus. Lembaga konservasi umum sendiri terdiri dari beberapa kategori, di antaranya Taman Safari, Kebun Binatang dan Taman Satwa.

Perbedaan di antara ketiganya, terletak dalam keluasan wilayah, yakni taman safari apabila luasan lahan minimal 50 hektar, kebun binatang minimal seluas 15 hektar dan taman satwa minimal seluas 2 hektar. Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Zoo termasuk kategori Kebun Binatang yang menjadi salah satu dari penilaian lembaga konservasi oleh KLHK.

Kabid Kesehatan Satwa Gembira Loka Zoo, drh. Berta Alviyanto menambahkan di sisi lain pihaknya terus melakukan medical check up secara rutin pada satwa yang dimiliki. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesehatan dan kesejahteraan satwa secara maksimal yang menjadi dasar utama sebuah lembaga konservasi, edukasi dan rekreasi. (Fxh)

Kredit

Bagikan