Pekerja Rentan Stasiun KA Diikutkan BPJamsostek

user
Ary B Prass 25 Januari 2023, 21:27 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOKERTO - Para pekerja rentan di stasiun-stasiun kereta api, seperti porter, tukang ojek atau PKL supaya diikutkan BPJS Ketanagakerjaan. 
 
Untuk pembiayaan BPJamsostek Cabang Purwokerto mengajak PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyalurkan dana CSR.
 
Permintaan itu disampaikan oleh Kepala BP Jamsostek Cabang Purwokerto Antony Sugiarto didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kepesertaan Albertus Wahyudi Setyo Basuki, Rabu (25/1/2013) saat berbicara dengan manajemen PT KAI Daop 5 Purwokerto, di Gedung Pertemuan Purwojaya.
 
"Intinya adalah mengusulkan dana CSR PT KAI untuk membiayai keikutsertaan pekerja rentan di stasiun-stasiun wilayah Daop 5," kata Wahyudi. 
 
Menurutnya untuk pekerja di PT KAI sudah semuanya tercover, baik karyawan organik maupun yang outsourching. 
 
Kemudian BPJamsostek mengusulkan, supaya para pekerja rentan di stasiun diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya mereka akan masuk program bukan penerima upah (BPU). " Untuk biayanya diambilkan dana CSR,” ungkapnya.
 
Wahyudi menambahkan untuk teknisnya, terkait dengan kepesertaan pekerja rentan di stasiun akan dibahasa lebih mendalam. 
 
“Nanti, kami akan mengajukan proposal terkait dengan usulan dari BPJS Ketenagakerjaan Daop 5 mendaftarkan para pekerja rentan dengan alokasi anggaran dari dana CSR. Kalau jumlahnya, nantinya Daop 5. Misalnya saja, alokasi anggaran 1.000 atau 500 pekerja, semuanya tergantung dengan nilai CSR-nya,” tambahnya.
 
Saat sosialisasi, BPJamsostek mensosialisasikan kepada para karyawan PT KAi Daop 5 mengenai manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan. “Biasanya, kalau keikutsertaan secara organik di kantor pusat, banyak yang belum tahu mengenai manfaat apa saja yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, kami berinisiatif memberikan sosialisasi apabila terjadi kecelakaan kerja,” katanya.
 
Sosialisasi dilakukan karena para peserta biasanya hanya tahu berkaitan jaminan harti tua atau pensiun saja, padahal juga ada jaminan kecelakaan, kematian dan kehilangan kerja. (Dri)

Kredit

Bagikan