Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Semarang Sukses Panen Jagung

user
Danar W 28 Januari 2023, 19:50 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Kodim 0733 Kota Semarang berhasil panen jagung di lahan Medan Latihan Tempur Meteseh Tembalang yang sebagian dimanfaatkan sebagai lahan pangan tanaman jagung.

Panen raya ini dilakukan Kamis (26/1/2023) dihadiri Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Deddy Supriyadi, Plt Walikota Semarang Hj Hevearita G Rahayu MSos dan Muspida Kota Semarang.

Dandim 0733 Kota Senarang, Kolonel Inf Honi Havana MMDS falam sambutan menyampaikan, pihaknya memanfaatkan lahan kosong untuk pengolahan jagung sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

"Terimaksih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu dalam pengolahan lahan jagung ini menjadi sebuah program ketahanan pangan yang bermanfaat," ungkapnya.

"Selanjutnya dalam kegiatan ini juga akan diluncurkan kegiatan program asosiasi pok tani oleh Plt. Walikota Semarang," lanjut Dandim.

Lebih lanjut Plt Walikota Semarang Hj. Ir Hevearita Gunaryanti MSos, menambahkan, panen raya ini juga merupakan suatu bentuk kolaborasi gagasan dari TNI dan Pemkot dalam program ketahanan pangan dalam upaya peningkatan inflasi ekonomi di bidang pertanian.

"Kota Semarang merupakan kota metropolitan, tapi kami masih bisa menjaga ketahanan pangan dalam programnya untuk peningkatan kebutuhan pokok dalam peningkatan inflasi sesuai arahan bapak Presiden RI," jelasnya.

Sementara sambutan Pangdam yang disampaikan Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Deddy Suryadi, menerangkan bahwa peningkatan jumlah penduduk dalam perkembangan kota semakin tahun semakin meningkat artinya bahwa kehidupan masyarakat meningkat sehingga membutuhkan ketahanan pangan yang sangat tinggi dengan luasnya lahan di Semarang dapat meningkatkan upaya pemenuhan kebutuhan pokok.

"Olahan jagung sangat banyak bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok selain beras dan banyak meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat," kata Kasdam.

Usai Panen Raya Jagung, Dandim dan Muspida Kota juga melakukan Panen Raya Padi Demplot di Cangkiran Mijen Semarang. Penanaman padi yàng juga untuk Riset PTPN ini juga dalam rangka menguatkan ketahanan pangan. (Cha)

Kredit

Bagikan