Bendungan Siluwur di Desain Ulang

user
Tomi Sujatmiko 30 Januari 2023, 09:12 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo akan membuat desain ulang Bendungan Siluwur di Desa Tegalsari Kecamatan Weru untuk dibangun baru. Sebab desain yang ada sekarang justru menghambat aliran air dan bangunan sudah dalam kondisi rusak parah.

Desain sedang dikerjakan tahun 2023 ini dan segera dilakukan pembangunan secepatnya paling lambat tahun 2024 mendatang menyesuaikan kemampuan anggaran.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Minggu (29/1) mengatakan, sebelumnya sudah mendengar mengenai kondisi Bendungan Siluwur di Desa Tegalsari Kecamatan Weru dalam kondisi rusak parah karena bangunan sudah tua.

Etik Suryani menambahkan pihaknya juga sudah mendatangi langsung dan mengecek kondisi Bendungan Siluwur baik melihat bangunan maupun aliran air. Hasilnya memang kondisi bangunan Bendungan Siluwur rusak parah dan banyak terdapat pintu air. Sedangkan aliran air tidak lancar karena tersumbat tumpukan sampah bambu dan kayu.

Etik Suryani menjelaskan, kondisi Bendungan Siluwur yang terdapat pintu air justru menjadi penghambat aliran air. Sebab ukuran pintu air kecil dan sekarang rusak parah sehingga tidak dapat dioperasionalkan.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo untuk secepatnya melakukan desain ulang Bendungan Siluwur. Hal ini dilakukan agar bendungan dapat segera dibangun.

"Akan dilakukan desain ulang Bendungan Siluwur karena kondisinya sekarang banyak terdapat pintu air yang menghambat aliran air. Terlebih lagi bangunan sekarang sudah tidak layak," ujarnya.

Bupati mengatakan, sudah mendapat permintaan dari Kepala Desa Tegalsari Kecamatan Weru dan Camat Weru terkait permintaan membuka pintu air. Hal ini dilakukan mengingat saat hujan banyak sampah menumpuk yang akhirnya membludak ke areal persawahan.

Akibat kejadian tersebut membuat petani resah dan mengakibatkan kerugian karena tanaman padi rawan rusak terkena sampah saat hujan. Upaya penyelamatan sering dilakukan petani dan warga dengan membersihkan Sungai Siluwur namun tidak maksimal karena banyaknya tumpukan sampah.

"DPUPR Sukoharjo juga sudah saya minta buat kajian dan perhitungan anggaran pembangunan Bendungan Siluwur," lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo sangat membutuhkan desain, kajian dan terpenting perhitungan kebutuhan anggaran. Sebab dengan dasar tersebut maka bisa diajukan dana pembangunan dan dibahas bersama dengan DPRD Sukoharjo.

"Setelah sudah ada desain, kajian dan anggaran terpenuhi maka nantinya diharapkan bisa segera dilakukan pembangunan Bendungan Siluwur untuk masyarakat," lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan