Polres Purbalingga Ringkus Komplotan Pencuri Lintas Provinsi

user
Agusigit 30 Januari 2023, 16:11 WIB
untitled

PURBALINGGA - Aksi komplotan pencuri lintas provinsi terhenti di Purbalingga. Personel Satreskrim Polres Purbalingga meringkus lima angota komplotan tersebut di wilayah Majenang Cilacap, Pada Jumat malam (27/1/2023). Penangkapan itu dilakukan dengan berkoordinasi bersama petugas Polres Cilacap.
Dua tersangka ditahan di Mapolres Purbalingga, Masing-kasing DI dan C. Dua lainnya ditahan di Polres Cilacap. Sedangkan satu orang lainnya berhasil kabur dan bersatus DPO (Daftar Pencarian Orang).
"Dua tersangka ditahan di Cilacap karena terlibat tindak pidana disana," tutur Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan, pada press conference, Senin siang (30/1/2023).
Era Johny menyebutkan, dalam aksinya, komplotan pencuri asal Jabar itu beraksi secara kelompok. Di Purbalingga, para pelaku beraksi dengan menyasar truk bermuatan barang yang sedang melakukan pengiriman pada Kamis siang 12 Januari 2023.
"Mereka bergerak sangat cepat," ujar Era Johny.
Seperti yang dilakukan di depan sebuah toko Ani di kota Purbalingga. Kelima pelaku menjalankan perannya masing-masing. Satu orang melakukan pengawasan. Seorang lainnya sebagai joki kendaraan yang siap kabur. Pelaku lainnya mengeksekusi dengan masuk ke kabin truk.
"Aksi komplotan itu sangat rapi. Sebelum mengeksekus,  terlebih dahulu melakukan observasi wilayah. Mereka sudah menginap di Purwokerto beberapa hari sebelumnya," ujar Kapolres.
Berdasar laporan korban, Agusta Rizqi Kurniawan (37), yang mengalami Kerugian sekitar Rp 70 juta. Polisi Selanjutnya melakukan pemeriksaan di sekitar lokasi. Salah satu awal identifikasi tersangka, diketahui melalui rekaman CCTV. Dari pendalaman, keberadaan komplotan pelaku terendus saat berada di wilayah Majenang.
Ketika masih dalam pengintaian, kelima pelaku masih berkumpul. Tapi saat dilakukan penyergapan, satu orang berhasil meloloskan diri. Satu diantaranya ada yang kena peluru di bagian kaki.
"Ada dua tersangka yang kita amankan di Mapolres Purbalingga. Dua lainnya masih berurusan dengan Polres Cilacap, dan satu masih DPO," ujarnya.
Barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit sepeda motor Honda Beat warna Hitam, satu buah kunci T, jaket, helm, topi dompet warna hitam berisi uang tunai dengan rincian Rp 100 ribu sebanyak lima lembar, Rp. 75 ribu satu lembar, Rp 20 ribu satu lembar, Rp 2 ribu satu lembar.
Polisi masih terus melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Pasalnya, pelaku tidak hanya beraksi di wilayah Purbalingga. Informasi sementara, pelaku beraksi di beberapa lokasi di Cilacap. Atas aksi kejahatan yang dilakukan, tersangka diancam Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.  (Rus)

Kredit

Bagikan