Edu Fair SMAN 1 Pakem Hadirkan 25 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

user
Ary B Prass 06 Februari 2023, 10:17 WIB
untitled

SLEMAN - SMA Negeri 1 Pakem sebagai salah satu SMA unggulan di Kabupaten Sleman bagian Utara, didukung penuh seluruh warga sekolah mengadakan event Edu Fair, yaitu serangkaian layanan informasi studi lanjut dan karir bagi para siswa juga bagi orang tua siswa dalam mempersiapkan masa depan putra-putrinya.
Kegiatan rutin tahunan yang telah digelar sebanyak 4 kali (Edu Fair IV), tahun ini mengangkat tema 'Achieve Your Future Success' dan berlangsung selama dua hari 3-4 Februari 2022. Edu Fair IV dibuka oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Tukiman SPd MT.
Kepala SMAN 1 Pakem, Rahmad Saptanto MPd menuturkan, hari pertama diisi motivasi dan penyampaian hasil psikotes peserta didik kelas XII. Kemudian hari kedua, adalah pameran yang diikuti oleh satu lembaga bimbingan belajar, 6 perguruan tinggi negeri dan 19 perguruan tinggi swasta yang ada di DIY.
"Total ada 26 stan peserta pameran, mereka menyampaikan informasi-informasi seputar kampusnya kepada siswa (calon mahasiswa) juga para orang tua siswa yang hadir. Kita juga mengundang siswa sekolah lain di sekitar kami untuk memanfaatkan Edu Fair ini," kata Rahmad didampingi Ketua Komite SMPN 1 Pakem, Agung Andi Andramawan SSi kepada Krjogja.com di sela kegiatan, Sabtu (4/2/2023).
Dijelaskan Rahmad, selain pameran, Edu Fair juga diisi pendampingan dari alumni yang dikemas dalam bentuk talk show. Ada juga parenting bagi orang tua siswa kelas XII. "Tak ketinggalan adalah layanan konsultasi psikologi yang diperuntukkan bagi peserta didik kelas XII dan orang tua yang membutuhkan layanan lebih lanjut. Rangkaian kegiatan inilah yang mungkin membedakan Edu Fair SMAN 1 Pakem dengan sekolah yang lain, sebagaimana slogan sekolah yaitu SMAPA Luar Biasa," ujarnya.
Ketua Komite SMAN 1 Pakem, Agung Andi Andramawan mengatakan, komite sekolah mendukung sepenuhnya kegiatan Edu Fair ini, terutama berkaitan dengan pendanaan. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan iniĀ  sangat penting bagi peserta didik. Ia berharap, Edu Fair mampu memfasilitasi peserta didik dalam mendapatkan informasi dan inspirasi terkait kelanjutan studi di perguruan tinggi.
"Ketika dalam memilih jurusan (prodi) sesuai dengan bakat dan minat siswa, maka hasilnya akan maksimal dan sukses. Maka Edu Fair ini penting dan diharapkan mampu membantu peserta didik dan seluruh pengunjung dalam meraih cita-cita yang diinginkannya sesuai passion dan keilmuan yang mereka kuasai," katanya. (Dev)

Kredit

Bagikan