Perayaan Imlek di Karanganyar Kolaborasi Budaya Nusantara

user
Ary B Prass 06 Februari 2023, 14:07 WIB
untitled

KARANGANYAR - Ribuan masyarakat Karangpandan dan sekitarnya berbondong-bondong menuju Terminal Karangpandan, Minggu (5/2/2023). Mereka ikut menyaksikan perayaan Imlek.
Sajian seni budaya nusantara disuguhkan ke hadapan para pengunjung dan tamu kehormatan. Mulai pertunjukan Wushu, Barongsai hingga budaya nusantara lainnya seperti tari bali, Reog, dan lain-lain.
Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto berjalan kali sambil membagikan uang kertas Rp 100 ribuan yang dilipat-lipat ke warga sekitar hingga sampai ke Terminal Karangpandan.
Ketua Panitia Imlek di Karanganyar Harsanto mengatakan perayaaan ini sudah ada sejak tahun 2015 dan digelar sebanyak 4 kali
"Awal 2015 pertama kali mengadakan di Kabupaten Karanganyar dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono kami diberikan kesempatan mengadakan Imlek di Kabupaten Karanganyar," kata Harsanto.
Harsanto mengatakan kegiatan perayaan Imlek ini digelar dengan kepedulian sosial bagi-bagi santunan. Dia menuturkan, pada acara sebelumnya, sudah dilakukan penyebaran ikan di Sungai di Kabupaten Karanganyar.
Ia menjelaskan, tema yang diangkat dalam Imlek tahun ini yaitu persaudaraan dan keberagamaan dalam Bhinneka Tunggal Ika.
"Acara ini mengusung tema tentang kebhinnekaan dalam bingkai Kabupaten Karanganyar, sehingga dengan perayaan ini bisa mempererat persaudaraan masyarakat kabupaten Karanganyar," ucap Harsanto.
Bupati Karanganyar Juliyatmono, mengatakan tahun baru Imlek ini memasuki Shio Kelinci Air.
"Kelinci itu menggemaskan, kalau didatangi lari, Semoga tahun ini berkelimpahan rejekinya," ungkap Juliyatmono.
Dia menuturkan masyarakat Thionghoa merupakan seorang yang pekerja keras. Selain itu, kata dia, masyarakat thionghoa memiliki sikap melakukan sesuatu dengan kerja keras untuk membangkitkan perekonomian. (Lim)

Kredit

Bagikan