SD Muhammadiyah Sapen Gelar Perkemahan Akbar Hizbul Wathan Berkemajuan

user
Ivan Aditya 04 Maret 2023, 18:00 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Qabilah HW Jenderal Sarbini yang berlokasi di SD Muhammadiyah Sapen mengadakan Perkemahan Keluarga Besar SD Muhammadiyah Sapen (Perkasa) XVI di Bumi Perkemahan Rama Shinta, Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta, 1-3 Maret 2023. Kegiatan diikuti sekira 451 siswa.

Perkemahan dibuka oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta Drs H Akhid Widi Rahmanto didampingi Wakil Ketua PDM Sigit Haryo Yudanto SPsi dan Ketua Majelis Dikdasmen, Dr H Muhammad Joko Susilo MPd. Turut hadir Kepala SD Muhammadiyah Nitikan H Saijan SAg MSI dan Kepala SD Muhammadiyah Ngadiwinatan H Musthofa, SAg MPdI. Kegiatan diawali dengan pembukaan Slide Perkasa XVI.

Heru Waseso ST MPd, Ketua Panitia Perkasa XVI menyatakan, perkemahan Perkasa merupakan salah satu bentuk perkemahan yang mengkolaborasikan nilai-nilai kepanduan, religi, dan budaya. "Perkasa memang bukan sekedar perkemahan biasa. Ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam perkemahan ini," ujar Heru, Sabtu (04/03/2023).

Heru menjelaskan, selama perkemahan, siswa mengikuti berbagai lomba kepanduan seperti membuat membuat miniatur jembatan, tali temali, dan alat pengangkut pasien yang berkaitan dengan kepanduan. Siswa juga mengikuti berbagai ragam lomba keagamaan, jelajah alam dan budaya serta menonton Sendratari Ramayana.

Perkasa memang bukan sekedar perkemahan biasa. Panitia mengemas kegiatan perkemahan dengan berbagai kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai edukatif dan menyenangkan. Salah satunya karnaval budaya Nusantara, di mana peserta kemah menampilkan beragam pakaian dan tarian adat Nusantara mengelilingi daerah sekitar kompleks Candi Prambanan dan tampil di panggung terbuka .

Kegiatan perkemahan diikuti 51 regu terdiri siswa SD Muhammadiyah Sapen, SD Muhammadiyah Nitikan dan SD Muhammadiyah Ngadiwinatan. Ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai puncak penutupan kegiatan Hizbul Wathan.

Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Munirul Amin SSosI menyatakan, Perkasa XVI menampilkan beragam kreativitas anak serta penumbuhan nilai-nilai religius dan cinta Tanah Air. "Setelah anak-anak mengikuti kegiatan kepanduan Hizbul Wathan sejak berada di kelas 4, anak-anak menutup seluruh kegiatan kepanduan dengan perkemahan Perkasa," pungkasnya. (Dev)

Kredit

Bagikan