Bantul Juara Umum Popda DIY 8 Kali Berturut-turut

user
Tomi Sujatmiko 19 Maret 2023, 20:20 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Kontingen Kabupaten Bantul sukses meraih gelar juara umum ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY untuk ke-8 kalinya secara berturut-turut. Pada ajang Popda DIY 2023 yang resmi ditutup di Sporthall Kridosono, Sabtu (18/3/2023) kemarin, kontingen 'Bumi Projotamansari' meraih total 92 medali emas, 56 medali perak dan 88 medali perunggu dari 257 nomor pertandingan.

Raihan medali tersebut terpaut jauh dengan kontingen Kota Yogyakarta yang kembali menjadi runner up di ajang Popda DIY dengan mengemas 57 medali emas, 69 perak dan 80 perunggu. Peringkat ketiga klasemen medali akhir ditempati kontingen Sleman dengan 53 medali emas, 65 perak dan 88 perunggu. Sedangkan Kulonprogo di peringkat keempat dengan 33 medali emas, 36 perak dan 52 perunggu, disusul Gunungkidul dengan 22 medali emas, 31 perak dan 70 perunggu.

Atas raihan gelar juara umum yang ke-8 kali secara berturut-turut ini, Sub Koordinator Kepemudaan Dikpora Kabupaten Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya SIP yang hadir dalam penutupan mengaku sangat bangga dan hasil ini adalah buah dari kerja keras semua pihak yang terkait. "Terima kasih dan Alhamdulillah, kami bisa mempertahankan gelar juara umum untuk ke-8 kalinya berturut-turut," ujar Bagus kepada Krjogja.com, Minggu (19/3/2023).

Keberhasilan ini, lanjut Bagus, tak lepas dari peran penting dari seluruh atlet, pembina olahraga, koordinator cabor, pelatih dan pendukung yang selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi Bantul. "Selaku perwakilan Dikpora Bantul, saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada semua pihak dan semoga Bantul tetap berprestasi di tahun-tahun mendatang," tegasnya.

Jika dibandingkan dengan capaian medali yang diraih pada Popda DIY 2022 yang meraup 92 medali emas, 62 perak dan 69 perunggu dari 242 nomor yang ditandingkan, raihan medali kontingen Bantul mengalami stagnasi pada medali emas, kemudian menurun di medali perak, namun meningkat untuk medali perunggu. Dilihat dari juara umum cabor, Popda DIY tahun 2022 dan 2023, Kontingen Bantul sama-sama sukses merebut juara umum di 14 cabor.

Hanya saja terdapat perbedaan untuk cabor-cabor yang berhasil diraih gelar juara umumnya. Di tahun 2022, Bantul sukses merebut juara umum di cabor angkat besi, balap sepeda, bulutangkis, catur, gulat, judo, panahan, panjat tebing, senam, sepakbola, sepatu roda, tenis lapangan, tenis meja dan voli pasir.

Sedangkan pada tahun 2023 ini, cabor yang berhasil direbut gelar juara umumnya meliputi, angkat besi, balap sepeda, bola voli, bola voli pasir, bulu tangkis, gulat, judo, karate, panahan, panjat tebing, pencak silat, senam, tarung derajat, dan tenis lapangan. "Bermodal hasil Popda ini, kedepan akan kami ambil atlet yang berprestasi di Popda untuk persiapan tim Porda Bantul. Semoga kita bisa menjadi juara umum Porda DIY di Gunungkidul besok," tegasnya.

Sementara itu Ka Disdikpora DIY, Dr Didik Wardaya SE MPd MM dalam penutupan kemarin memberikan selamat kepada kabupaten Bantul yang menjadi juara umum Popda DIY 2023. Dalam kesempatan tersebut dirinya juga berpesan kepada seluruh atlet yang di Popda DIY tahun ini belum berhasil meraih medali emas, untuk tetap berlatih maksimal agar di Popda DIY 2024 mendatang bisa meraih medali emas.

"Selamat kepada para juara yang telah berprestasi dalam Popda DIY 2023 ini, dan semoga yang saat ini belum meraih juara, tetap bersemangat latihan, semoga di Popda 2024 mendatang bisa menjadi juara. Saya berharap agar hasil Popda kali ini bisa menjadi bekal untuk memilih atlet menuju event nasional, seperti tahun ini ada Popnas di Sumsel," tegasnya.(Hit)

Kredit

Bagikan