Sedang Pangkas Pohon Pete, Paryanto Kesetrum Sampai Gosong

user
Danar W 21 Maret 2023, 10:50 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - Paryanto (55) warga Dusun Manggis Rt01/04 Desa Suruhkalang, Jaten meninggal karena kesetrum saat bersihkan pohon pete, Senin (20/3/2023). Tak ada yang berani menurunkannya sampai datang petugas evakuasi.

Kades Suruhkalang Mawan Thohari mengatakan peristiwa itu terjadi sekira pukul 12.00 WIB. Saat itu korban yang dikenal buruh bersih-bersih kebun tersebut diminta oleh Haji Suyatmin untuk membersihkan pohon pete di rumahnya Dusun Tuwuhan Rt 02/04 Desa Suruhkalang, Jaten.

Sekitar pukul 12.00 WIB turun hujan selama 30 menit. Selanjutnya setelah hujan reda, korban mulai naik pohon untuk membersihkan ranting-ranting pohon pete tersebut.

Sejurus kemudian tiba-tiba korban berteriak karena tersengat aliran listrik. Hanya hitungan menit korban pun lemas dan tersangkut di batang pohon bagian atas posisi listrik masih mengalir. Korban pun meninggal dunia dengan posisi masih menyangkut di atas pohon.

Kades Suruhkalang, Jaten, Mawan Tohari yang berada di TKP mengatakan sejak diketahui kesetrum baru dilakukan evakuasi sekitar dua jam kemudian karena harus berkoordinasi dengan PLN.

"Setelah aliran listrik dimatikan oleh PLN barulah evakuasi korban dilakukan menggunakan mobil milik DPUPR Karanganyar yang biasa dipakai untuk memasang baliho dan menebang pohon," ungkap Kades Suruhkalang, Mawan Thohari.

"Tahap ini baru evakuasi adapun untuk selanjutnya apakah akan dilakukan visum luar atau bagaimana nanti tanah Polsek Jaten dan Puskesmas Jaten," imbuh Thohari.

Berdasarkan pemeriksaan tim medis, korban mengalami luka bakar melingkar di leher sebelah kanan, luka bakar di telapak tangan, luka bakar di kaki dan lecet di beberapa bagian tubuh.

Atas kondisi itu, kata dia, keluarga korban menerima kejadian itu dan membuat surat pernyataan. (Lim)

Kredit

Bagikan