Bangun Ketahanan Finansial, Animo Masyarakat DIY Berinvestasi Cukup Besar

Editor: Ary B Prass

Dari data secara nasional tersebut, Irfan terjadi peningkatan sebesar 42 persen untuk investor saham dan 38 persen untuk keseluruhan investor pasar modal dibanding dengan 2020 lalu. Sebab pesatnya pemanfaatan teknologi di masa pandemi ini telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan investor selama kurun waktu setahun terakhir ini.

” Pertumbuhan investor di DIY dan sekitarnya pun sangat menggembirakan, tercatat jumlah investor di DIY adalah 88.066 investor atau terjadi lonjakan 2.764 investor selama Mei 2021. Rata-rata pertumbuhan investor DIY pada tahun ini sebesar 3.900-an investor per bulan dengan rata-rata transaksi per bulan sebesar Rp 5,1 triliun,” tuturnya.

Menurut Irfan, capaian tersebut meningkat pesat dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan investor DIY di periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai pertumbuhan rata-rata dibawah 1000 investor per bulannya dengan rata-rata transaksi per bulan sebesar Rp. 1,1 triliun. Dari data tersebut, terlihat animo masyarakat di DIY cukup besar untuk berinvestasi di pasar modal.

” Dengan teknologi digital yang semakin massif saat pandemi ini justru mempermudah masyarakat untuk mengakses pasar modal. Di sisi yang lain. Dan sangat kebetulan juga saat ini banyak pula saham-saham berfundamental bagus yang harganya sedang terjangkau untuk dikoleksi masyarakat, sehingga memang momentumnya menjadi sangat pas sekali dan pasar modal semakin bertumbuh,” imbuhnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI