1.500 UMKM DIY Memanfaatkan Markethub Bebas Ongkir

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) DIY mencatat 1.500 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sudah masuk dalam markethub bebas ongkos kirim atau free ongkir melalui SiBakul Jogja. Jumlah tersebut masih sedikit dibanding jumlah UMKM yang terdata di SiBakul Jogja sebanyak 285.000 UMKM.

Hal tersebut merupakan komitmen SiBakul Jogja terhadap pemberdayaan UMKM DIY yang tangguh dan dapat menjadi rumah bagi UMKM maupun tempat berkonsultasi terkait dengan tata kelola bisnis kedepannya. Ini semua adalah keniscayaan dan komitmen kesungguhan Pemda DIY.

Kepala Diskop UKM DIY Sri Nurkyatsiwi menjelaskan secara garis besar UMKM yang ikut markethub ada 950 UMKM pada 2020 dimana jumlahnya sudah bertambah menjadi 2.000 UMKM saat ini. Sementara UMKM yang sudah terdaftar lewat SiBakul Jogja sudah mencapai 300.000 UMKM.

” Artinya, masih banyak UMKM skala mikro kecil dengan tingkat pengetahuan literasi digital yang masih belum optimal, karena salah satu prasyarat harus memasang foto dan produk secara online dan dikurasi secara online. Tidak semua UMKM memperhatikan hal itu dan skema ini menjadi komitmen yang harus terus dikampanyekan,” terangnya di Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).

 

BERITA REKOMENDASI