2024, Ekonomi RI Tumbuh 6,1 Persen

LABUAN BAJO, KRJOGJA.com – Prospek ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun 2019 cukup baik dan diperkirakan terus membaik pada 2020. Perbaikan perekonomian Indonesia juga diyakini akan meningkat pesat dalam jangka menengah.

"Pertumbuhan ekonomi pada lima tahun mendatang (2024) akan berada di kisaran 5,5-6,1 persen," kata Endy Dwi Tjahjono, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, di Labuan Bajo, Senin (9/12).

Pada lima tahun mendatang, tambah Endy, defisit transaksi berjalan akan berkisar 2,3-2,8 persen. Sedang inflasi diperkirakan berada di angka 2,0-4,0 persen. Ke depan, kata dia, BI akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal. Serta turut mendukung momentum pertumbuhan.
Menurutnya, koordinasi BI dengan Pemerintah dan otoritas terkait terus diperkuat guna mempertahankan stabilitas ekonomi, mendorong permintaan domestik serta meningkatkan ekspor, pariwisata dan aliran modal asing. "Termasuk Penanaman Modal Asing (PMA)," tandas Endy.

Sementara itu, SVP Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto menyebutkan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri diatas 5 persen sebenarnya tidak terlalu sulit. "Asal bauran kebijakan moneter dan fiskal bisa tercipta, pertumbuhan ekonomi pasti akan meningkat," ujarnya.

Menurut Ryan, konsumsi rumah tangga menjadi andalan untuk pertumbuhan ekonomi. "Kalau pemerintah segera menggelontorkan anggaran pembangunan, maka pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa berada di kisaran 5,1-5,3 persen," tandasnya. (Ogi)

BERITA REKOMENDASI