5 Komoditas Unggulan Ini Terus Diperjuangkan

JAKARTA (KRjogja.com) – ‎Pemerintah mendorong masuknya 5 komoditas potensial dalam pernyataan bersama pemimpin ekonomi 21 negara anggota APEC. Hal tersebut menjadi agenda yang diusung Indonesia dalam konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC 2016).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, 5 komoditas tersebut antara lain minyak sawit mentah, karet alam, rotan alam, kertas, dan produk perikanan. Kelima komoditas ini dinilai berperan penting dalam kegiatan ekonomi di sektor riil dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Apabila komoditas tersebut diterima, perdagangan dan investasi yang berkaitan dengan komoditas itu tentunya akan meningkat termasuk pertumbuhan di sektor industrinya,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/11/2016).

Dia menjelaskan, selama dua tahun terakhir ini, pemerintah telah berupaya melobi agar produk-produk tersebut bisa masuk pernyataan bersama pemimpin APEC. Terlebih lagi, minyak sawit mentah merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia.

"Kami akan tetap memperjuangkannya dalam pertemuan kali ini," kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI