Agustus 2016, Ekspor Jepang Merosot

JAKARTA (KRjogja.com) – Ekspor Jepang anjlok pada Agustus 2016. Data yang dirilis Ministry of Finance (MOF) Jepang, ekspor Negara Sakura ini anjlok 9,6 persen secara tahunan (year on year/yoy). 

Anjloknya ekspor Jepang ini terjadi seiring dengan penguatan atas mata uang yen dan permintaan yang melemah dari Benua Asia. Pemicu anjloknya ekspor Jepang ini adalah menurunkan pengiriman mobil dan baja ke luar negeri. Demikian dilansir dari Reuters, Rabu (21/9/2016). Anjloknya kinerja ekspor Jepang ini lebih dalam dari yang diproyeksi oleh analis. 

Polling Reuters menyebutkan, para ekonom memproyeksi ekspor hanya turun 4,8 persen (yoy). Data MOF menunjukkan, ekspor ke China, yang merupakan mitra perdagangan terbesar Jepang, anjlok 8,9 persen. Sementara ekspor Jepang ke Asia turun sampai 9,4 persen. Dipimpin oleh penurunan ekspor baja ke Korea Selatan. Penurunan ini telah terjadi selama 12 bulan terakhir. Ekspor ke Amerika Serikat (AS) turun 14,5 persen, seiring penurunan ekspor mobil. Sementara ekspor ke Uni Eropa juga anjlok 0,7 persen. (*) 

BERITA REKOMENDASI