Akselerasi Ekspor Dan Gairahkan Pasar Domestik

JAKARTA (KRjogja.com) – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) resmi menjadi wadah baru bagi pelaku industri mebel dan kerajinan kayu di Indonesia.  Kiprah penggabungan dua asosiasi yaitu  Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) dan Asosiasi Mebel dan Kerajinan Republik Indonesia (Amkri) ini akan membawa nilai manfaat bagi anggotanya maupun membuat akselerasi program yang bisa menaikan ekspor serta pasar domestik lebih bergairah.

Ketua Bidang Aneka Kerajinan DPP Himki, Endro Wardoyo mengharapkan dengan Himki hasil dari pengabungan Asmindo dan Amkri menjadikan industri  mebel dan kerajinan yang kuat di DIY. Kinerjanya nantinya akan membawa nilai manfaat bagi anggotanya dan mengakselerasi program yang bisa menaikan ekspor maupun pasar domestik lebih bergairah.

"Kami menghimbau dan mengajak eks- anggota Asmindo-Amkri untuk bergabung bersama-sama berbuat sesuatu untuk kemajuan industri mebel dan kerajinan DIY. Kami mengajak Pemerintah melalui dinas terkait untuk bekerjasama menjadi patnership yang strategis membangun kemajuan mebel maupun kerajinan di DIY," tutur Endro kepada KR, Selasa (2/8).

Endro menyampaikan pengurus Himki pusat dan daerah telah resmi dikukuhkan yang disaksikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Kamis (28/7) lalu. Sementara itu, Ketua Umum HIMKI Soenoto meminta dukungan dari pemerintah untuk lebih memajukan industri mebel dan kerajinan Indonesia dengan meminimalkan berbagai hambatan kebijakan.

"Ada salah satu kebijakan yang memberatkan kalangan industri mebel dan kerajinan, yaitu diberlakukannya sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK). Kami sebetulnya tidak menolak, tetapi silakan SVLK diberlakukan untuk industri hulu, misalnya industri pemotong kayu, bukan di hilirnya," ungkap Soenoto.

Soenoto menyampaikan Himki akan menjadi asosiasi yang besar untuk memberi manfaat bagi pelaku industri furniture dan kerajinan nasional. Sebelumnya Presiden Joko Widodo memberikan arahan  agar Asmindo dan Amkri bergabung menjadi satu himpunan yang kuat dan solid untuk memajukan industri mebel dan kerajinan yang berdaya saing kuat di pasar domestik dan ekspor

Pada kesempatan yang sama  Presiden Joko Widodo mengundang Penggurus DPP dan DPD Himki ke Istana Negara didampingi Menteri Perindustrian RI untuk beramah-tamah sekaligus berdiskusi perkembangan industri mebel dan kerajinan kedepan. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI