Anak Muda Punya Peluang Sukses di Tengah Era Digital

SEMARANG,KRJOGJA.com- Ratusan peserta terdiri perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kepemudaan se Kota Semarang  mengikuti forum diskusi panel yang digelar Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) di Verve Bistro and Coffee Bar, Semarang, Minggu malam (8/12/2019).

Dengan tema  "Indonesia Milik Siapa", mereka membahas tentang peluang anak muda di tengah arus digital dalam menentukan arah pembangunan bangsa.  Kali ini Wimnus menghadirkan narasumber, Drs Agus Trianto MSi selaku kepala sekolah SMKN 11 Semarang mewakili Dinas Pendidikan Prov. Jawa Tengah, Syafii Efendi (President of OIC Youth Indonesia), M. Yusnawiandi (HIPMI), Nani Indarwati SE. MM (Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Semarang) dan Bung Lukman Hakim (KNPI Semarang).

Masing-masing pembicara, sesuai bidangnya secara bergiliran menyampaikan paparan sekira 10 menit yang langsung dilanjut dengan sesi tanya jawab. Sebagai pembicara terakhir, Syafii Efendi menyampaikan paparannya dengan apik dan dengan bahasa anak mileneal sehingga menjadi perhatian peserta diskusi. Banyak pertanyaan kritis mengalir tentang bagaimana membangun soliditas organisasi di kampus yang minim perhatian agar sukses membuat kegiatan.

"Dari pengalaman saya, organisasi itu kata kuncinya adalah kegiatan. Jadi ketika memimpin sebuah organisasi dikampus buatlah kegiatan sebanyak mungkin dengan tidak bergantung kepada siapapun.

Dengan seringnya membuat kegiatan, maka organisasi akan menjadi hidup. Namun begitu Syafii mengharamkan dalam membuat kegiatan dengan cara meminta-minta bantuan pendanaan.

"Organisasi apapun, kalau sudah meminta-minta sumbangan maka pada akhirnya nanti akan diatur oleh si pemberi sumbangan. Meski begitu, kita boleh menerima sumbangan sepanjang bukan dengan jalan meminta. Ndak apa – apa," tutupnya. (Sgi)
 

BERITA REKOMENDASI