Australia Diharapkan Bisa Bantu Produk RI Mendunia

JAKARTA (KRjogja.com) – Indonesia dan Australia berkomitmen untuk meningkatkan kerangka kerja sama melalui Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

Kedua negara bersepakat untuk menciptakan peluang baru seperti di bidang investasi dan perdagangan.

“Kolaborasi ini diharapkan bisa mendorong produk industri kita ke pasar global, dengan Australia berperan menyediakan bahan baku yang berkualitas dan Indonesia sebagai c(pusat pengolahan),” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto seperti dikutip Kamis (8/12/2016).

Ini dikatakan Menperin usai bertemu dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Steven Ciobo yang didampingi Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson.

Menurut Airlangga, terdapat usulan potensi kerja sama teknik yang pencapaiannya dijadwalkan selesai sebelum penandatanganan perjanjian IA-CEPA. Perundingan kelima IA-CEPA telah dilaksanakan pada 31 Oktober-4 November 2016 di Bandung.

Sedangkan, perundingan keenam akan dilaksanakan di Australia pada Februari 2017.

“Selain mengangkat isu penurunan tarif gula dan kerja sama mengenaic  Indonesian Food Innovation Center, dalam perkembangannya yang juga menjadi early outcomes Kemenperin adalah vocational education and training di bidang industri,” ungkap dia.(*)

 

 

BERITA REKOMENDASI