Awal 2018, Harga BBM di Arab Saudi Naik 100 Persen

DUBAI, KRJOGJA.com – Pemerintah Arab Saudi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada awal tahun 2018, seperti dilaporkan kantor berita SPA. 

Inisiatif kebijakan kenaikan harga BBM tersebut diyakini bertujuan untuk mendorong penggunaan energi yang lebih efisien, di mana hal ini bertepatan dengan rencana ambisius reformasi dalam upaya meningkatkan sumber pendapatan negara.

Selain itu seperti dilansir Reuters, Senin (1/1/2018) hal ini juga karena pembatasan produksi oleh eksportir papan atas minyak dunia tersebut. Disebutkan harga bensin oktan 91 dijual seharga 1,37 riyals per liter naik hampir seratus persen dari sebelumnya 0,75 riyals. 

Sementara bahan bakar dengan kadar Oktan 95 meningkat menjadi 2,04 riyals per liter dibandingkan harga awal 0,90 riyals. Di sisi lain bahan bakar diesel untuk truk tidak berubah. Namun seperti dilansir Saudigazette, harga diesel untuk industri menjadi 0,378 riyals per liter atau meningkat dari sebelumnya. 
Pihak kerajaan disampaikan berencana memperlambat hingga akhirnya menghilangkan subsidi untuk berbagai macam produk-produk energi, sesuai dengan rencana fiskal jangka panjang dalam APBN 2018, yang dirilis bulan lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI