Bakal Kupas Tuntas Misteri ‘Dhemit Facebook’

YOGYA, KRjogja.com – Ketika kita ingin membeli sesuatu di toko online, seringkali kita menggunakan search engine facebook. Membeli sepatu di toko online misalnya. Keesokan harinya selama berhari-hari, beranda facebook kita dipenuhi oleh toko-toko online yang menjual sepatu serupa. Oleh karena itu beberapa konsumen toko online kadang menganggap facebook memiliki 'dhemit' yang bisa membaca pikiran kita.

Analogi ini disampaikan oleh Arifin Wicaksono selaku ketua Jogja Digital Marketer Summit and Expo (JDMSE) yang akan diselenggarakan 20-23 September mendatang. Ia mengatakan bahwa dhemit tersebut merupakan strategi akuisisi customer yang dilakukan oleh facebook. Hal tersebut akan dibahas secara tuntas dalam JDMSE dihadapan ribuan pemilik bisnis online.

"Begitu search jual sepatu, besoknya di home muncul sepatu semua. Tapi kenapa di home istri kita misalnya, yang muncul di home justru lapak tas? Karena kita pernah browsing itu. Inilah yang akan kita pelajari di JDMSE," jelas Wicaksono, Senin (04/09/2017) dalam press conference JDMSE.

Untuk mempelajari strategi akuisisi customer, JDMSE mengundang beberapa pakar dari Facebook, Google, dan Marketplace untuk sharing ilmu. Dalam waktu 4 hari, peserta yang merupakan pemilik bisnis online akan menentukan strategi dan kanal penjualan mana yang cocok untuk diterapkan dengan produk yang mereka jual. Apakah di Facebook, Google, atau Marketplace.

"Masalah yang seringkali dijumpai itu salah satunya begini, pebisnis itu udah go online, tapi barangnya tetap tidak laku. Ternyata mereka salah menempatkan produk mereka, tidak sesuai kanalnya. Harusnya ke facebook, malah ke google, ini lah yang akan dibahas oleh para pakar di JDMSE," ujar Edi Budianto, anggota komunitas Kampus Dosen Jualan, sebuah komunitas yang membina UMKM offline untuk go online.

Meskipun JDMSE diselenggarakan di Yogyakarta, lingkup acara tersebut adalah lingkup nasional. Nantinya juga akan turut hadir para pebisnis online dari Singapura dan negara lainnya. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI