Bangun Kanal, Pelindo Siapkan Rp 3,6 T

JAKARTA (KRjogja.com) – PT Pelindo II berencana membangun proyek transportasi berbasis sungai (waterway) atau kanal. Nantinya kanal ini akan menghubungkan Tanjung Priok ke Cikarang. 

Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya menuturkan, proyek ini diproyeksi menghabiskan dana sekira Rp3,6 triliun. Kanal ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Tanjung Priok. "Kira-kira Rp3 triliun sampai Rp4 triliun kan belum mendapatkan angka konkretnya. Rp3,6 triliun ancer-ancernya. Kita sebut Rp3 triliun sampai Rp4 triliun," ucapnya di Pelabuhan New Priok, Senin (12/9/2016). 

Elvyn bilang, pembangunan proyek ini akan dibiayai internal kas perusahaan. Seperti dana hasil penerbitan obligasi Pelindo II pada tahun lalu. "Dari kita sendiri. Kita kebetulan tahun pernah issue bond kemudian hasilkan kas internal yang kita pakai untuk pembiayaan," tambahnya. 

Sayangnya, dia belum mau merincikan jumlah sisa dana obligasi yang dimiliki Pelindo II. Menurutnya sisa dana yang ada di kas masih cukup untuk membiayai dua proyek Pelindo II lagi. "Kita prioritaskan pertama (pelabuhan) Kijing dan Cikarang Bekasi Laut (CBL)," tukas dia. (*)

BERITA REKOMENDASI