Berikut, Pesan Mantan Kepala SKK Migas Kepada Penggantinya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dwi Soetjipto baru saja ditetapkan menjadi Kepala SKK Migas periode 2018-2022 menggantikan Amien Sunaryadi yang sudah habis masa jabatannya. Dwi dilantik langsung oleh Menteri Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Kementerian ESDM.

Dalam kesempatan pelantikan tersebut, Amien Sunaryadi yang habis masa jabatan pada per 18 November 2018, turut hadir. Dirinya pun berkesempatan untuk memberikan sambutan.

Selain mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak selama dirinya menjabat sebagai Kepala SKK Migas, Amien juga memberi pesan pada Dwi dalam melanjutkan kepemimpinannya. Menurutnya, isu meningkatkan cadangan dan lifting migas dalam negeri masih menjadi masalah.

Kata dia, peningkatan produksi yang telah dilakukan untuk minyak saja hanya mampu menambah 300 ribu barel per hari (bph), padahal kebutuhan Indonesia 1,5 juta (bph). Oleh sebab itu, Indonesia harus segera melakukan penemuan cadangan raksasa atau giant discovery.

"Jadi Pak Tjip, kalau saya boleh diizinkan berpesan, pesan saya, Indonesia butuh giant discovery. Pertamina atau yang lainnya tidak pernah giant discovery. Tapi sekarang Pertamina dan perusahaan lain terikat kontrak dengan SKK Migas untuk penggunaan eksplorasi dengan nilai USD2 miliar," kata Amien di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Dia mengungkapkan, meski produksi minyak mentah di Indonesia sudah sejak 100 tahun lalu dilakukan, tapi eksplorasi besar-besar jarang terjadi. Maka, hal ini menjadi bagian dari tugas Dwi selanjutnya untuk mendorong adanya eksplorasi untuk menemukan cadangan raksasa. (*)

BERITA REKOMENDASI