Bertani Organik, Hasil Panen Petani Gunungkidul Melonjak

DENPASAR, KRJOGJA.com – Project Team Leader Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dariyanto mengatakan 8 Desa di Desa Panggang dan Desa Purwosari di Gunungkidul, DI Yogyakarta dinilai berhasil menjadi meningkatkan  hasil panen padi hingga 60 persen. Hal ini dikarenakan petani di dua desa tersebut telah menerapkan  cara bertani dengan sistem organik.

"Berawal dari kegagalan panen yang ada di desa Panggang sdan Desa Purwosari tahun 2015 lalu, ICCTF mengajak masyarakat di 8 desa itu, untuk kembali nenek moyang dulu dengan pertanian organik. Setalah dilakukan pelatihan oleh menanam pertanian dengan orginik  maka hasil yang diperoleh petani mulai tahun 2017 lalu meningkat tajam hingga 60 persen," kata Dariyanto.

Dikatakan, Dariyanto, dengan sistem organik, selain petani mendapatkan hasil yang lebih dari 60 persen, dulunya kalau panen  satu lahan hanya 1,5 ton namun berkat sistem organic hasil panennya menjadi  2-3 ton.

Selain hasil panen yang meningkat, petani juga bisa hemat pengeluaran, karena tidak perlu lagi membeli pupuk pestisida, karena petani sudah diajari membuat pupuk organik. Bahkan dinilai pengehematan ini juga cukup terasa diperkirakan juga sekitar 60 persen.

"Dengan pertanian organik mereka untung karena dihitung dari biaya produksi, dari pupuk kimia mereka harus mengeluarkan uang, belum lagi pas beli harganya mahal, belum terpitu dengan pupuk palsu,  mereka akan rugi dua kali. Tetapi dengan pupuk organik mereka bikin sendiri bersama kelompoknya maka akan hemat hingga 60 persen juga,” tegasnya.

Dijelaskan, adapun pelatihan dan alat untuk pembuatan kompos dan diberikan oleh pemerintah sehingga keuntungan akan diperoleh bersama. "Kelompok petani  dilatih dari penyuluh pertanian, dan keterlibatan pemerintah terutama dalam  penerapan teknologi,. Dengan demikian keuntungan bisa diperoleh bersama. Yakni pemerintah berhasil menjalankan projeknya dan petani  bisa mendapatakn pelatihan dan keuntungan dari hasil panen,” tegasnya. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI