Bob Chapek CEO Baru Disney, Siapa Dia?

DISNEY akan kedatangan CEO baru, yakni Bob Chapek. Dirinya menggantikan Bob Iger yang telah menjabat dari 2005. Bob Chapek adalah pemimpin Magic Kingdom yang merupakan perusahaan Disney di bidang taman bermain.

Mengutip CNBC, Jakarta, Rabu (26/2/2020), Wall Street Journal menulis, teman-temannya di Disney mengatakan ia kurang berkarisma dibanding Iger, tapi “sangat cerdas dan terstruktur”. Ini bisa membuatnya sebagai pengganti yang sempurna untuk Iger.

Di mana, sebelumnya, Iger sudah banyak berprestasi dan membawa Disney sampai ke tempatnya yang sekarang ini. Saat ini Disney hanya membutuhkan pemimpin yang dapat melanjutkan apa yang dilakukan Iger sebelumnya.

Sebelum ia naik jabatan pada hari Selasa, Chapek bekerja sebagai ketua dari Walt Disney Parks and Resort. Di bawah kepemimpinannya, ia mengawasi perluasan taman hiburan Disney dalam sejarahnya yang ke -60, termasuk pembukaan Disneyland Shangai dan Disney Cruise Line.

Sewaktu Iger mengawasi startegi Pixar, Marvel dan Lucasfilm, Chapek bekerja untuk memadukan properti-properti itu ke dalam taman bermain. Tahun lalu, Disney membuka Galaxy’s Edge, “Star Wars” baru baik di Walt Disney World di Florida maupun Disneyland di California.

“Kita diminta untuk membangun manifestasi fisik berdasarkan apa yang tamu-tamu inginkan di layar, kata Chapek setahun lalu.

Chapek memulai Disney pada tahun 1993 dan bekerja di unit perumahan. Ketika ia menjadi ketua di unit itu, ia menjadi pelopor yang terkenal dan sering mengeritik strategi Disney. Menurut Variety, ia menandatangani perjanjian dengan Disney, seperti Apple iTunes.

Pada tahun 2009, Chapek dipromosikan menjadi pemimpin distribusi Walt Disney Studios, dimana ia diminta untuk memperluas penyebaran digital dan mengubah film Disney menjadi Blu-Ray.

Pada tahun 2011, ia menjadi ketua Disney Consumer Product, di mana ia menjadi pengurus publikasi. Waktu itu, ia berhasil menrestrukturisasi perubahan pendekatan Disney mengenai perizinan mainan dan benda-benda lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI